Timika (ANTARA) - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengunjungi ke Institut Pertambangan Nemangkawi (IPN) di Kecamatan Kuala Kencana, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, Rabu.

"Wapres RI beserta rombongan tiba di IPN Kuala Kencana, Timika, pada pukul 10.30 WIT, didampingi oleh penjabat gubernur Papua Barat," kata Penjabat (Pj) Bupati Mimika Valentinus Sudarjanto Sumito di Timika, Rabu.

Menurut Valentinus, pimpinan tertinggi TNI dan Polri di Papua pun ikut mendampingi Ma'ruf Amin dan rombongan dalam kunjungannya tersebut.

"Setelah wapres meninjau Institut Pertambangan Nemangkawi, kemudian akan ke RSUD Timika di Distrik Wonosari Jaya," tambah Valentinus.

Baca juga: Polda Papua siap kawal kunjungan Ma'ruf Amin di Kabupaten Mimika

Valentinus menjelaskan kedatangan Ma'ruf Amin ke Timika itu salah satunya untuk menyerahkan secara simbolis keanggotaan Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) kepada orang asli Papua (OAP) serta meninjau operasi katarak dan bibir sumbing.

"Setelah dari Timika, Wapres Ma'ruf Amin akan ke Nabire untuk peletakan batu pertama dan penanaman pohon sebagai tanda penetapan lokasi pembangunan kawasan Kantor Pemerintahan Provinsi Papua Tengah," jelasnya.

Selanjutnya, tambahnya, usai dari Nabire, Ma'ruf Amin akan ke Kabupaten Fak-Fak, Papua Barat, untuk meletakkan batu pertama pembangunan Taman Ruang Terbuka Hijau serta meninjau pembangunan proyek prioritas dan produk unggulan.

"Wapres RI juga akan mengunjungi Teluk Bintuni dan Manokwari untuk meninjau proyek strategis di kedua wilayah tersebut sebelum menuju ke Sorong, Papua Barat Daya," ujar Valentinus.

Baca juga: Ma'ruf Amin lakukan kunjungan kerja selama sepekan di Papua

Pewarta: Agustina Estevani Janggo
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023