Bertujuan untuk memastikan sumber air yang digunakan dapat berkelanjutan....
Klaten, Jawa Tengah (ANTARA) - Danone Indonesia, melalui Danone-AQUA telah melakukan penanaman 2,5 juta pohon di bagian hulu daerah aliran sungai (DAS) di seluruh wilayah kerja perseroan, sebagai komitmen untuk menjaga keberlanjutan sumber daya air di Indonesia.

Selain itu, di bagian hulu DAS, secara nasional perseroan juga telah membangun sebanyak 2.300 sumur resapan, sebanyak 12.000 rorak, 32 waterpond, 74 Penampung Air Hujan (PAH), beberapa embung, serta stasiun curah hujan.

Direktur Sustainability Development Danone Indonesia Karyanto Wibowo dalam Media Trip di Klaten, Jawa Tengah, Rabu, menjelaskan berbagai pohon yang ditanam di hulu DAS, terus dipantau melalui teknologi digital, sehingga tumbuh kembang tanaman akan terpantau.

Tidak hanya itu, kata Karyanto lagi, perseroan juga melakukan studi hidrologi, pemetaan air tanah, analisis kimia air tanah, serta analisis hidroisotop sebagai upaya menjaga keberlanjutan sumber daya air di Indonesia.

Dengan upaya tersebut, ujarnya pula, bertujuan untuk memastikan sumber air yang digunakan dapat berkelanjutan, menghitung kesetimbangan air, mengetahui fokus area konservasi, serta membuat zona perlindungan air dan sumber kontaminasi.

"Studi SWAT (Soil and Water Analysis Tools) dilakukan untuk mengetahui arahan kegiatan konservasi yang tepat sesuai dengan kondisi hidrologi di area tersebut," ujar Karyanto.

Adapun, di bagian tengah DAS, perseroan mengembangkan Taman Keanekaragaman Hayati (Kehati) di 18 lokasi di seluruh wilayah kerja di Indonesia, dengan total lahan seluas 156 hektare (ha), dengan terdapat 420 total spesies flora dan 520 fauna terlindungi.

Kemudian, di bagian hilir DAS, perseroan menerapkan praktik pertanian regeneratif dan ramah air, dengan pertanian yang diintervensi seluas 407 hektare (ha), dengan melibatkan 1.154 petani di 11 kabupaten di seluruh Indonesia.

Di area pabrik, perseroan mendorong sirkularitas air di fasilitas produksi, di antaranya melakukan rainwater harvesting, overflow saving, dan pemanfaatan kembali air untuk keperluan umum.

Dengan sirkularitas air di fasilitas produksi (area pabrik) tersebut, perseroan menargetkan efisiensi air di kawasan pabrik di seluruh Indonesia mencapai 50 persen pada tahun 2023.

Danone-AQUA saat ini telah memiliki 25 pabrik di seluruh Indonesia, yaitu 21 pabrik Aqua dan 4 pabrik specialized nutrition, yang berhasil menyerap lebih dari 15 ribu tenaga kerja, dan melibatkan 2 juta pelaku usaha.
Baca juga: Memperkuat implementasi ekonomi sirkular melalui program daur ulang
Baca juga: AQUA lewat PLTS 2.919 kWp membantu kurangi 3.340 ton karbon per tahun


Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023