Jakarta (ANTARA) - Sebuah perusahaan rintisan bidang teknologi asal China, Baichuan Intelligent, yang didirikan oleh Wang Xiaochuan tengah mengembangkan model bahasa besar Baichuan-13B untuk menandingi teknologi kecerdasan buatan (AI) ChatGPT milik OpenAI.

Menurut laporan Tech Crunch pada Selasa (11/7) waktu setempat, Baichuan digadang-gadang sebagai pengembang model bahasa besar paling menjanjikan di China berkat latar belakang Wang, seorang ahli ilmu komputer dari Universitas Tsinghua, yang mendirikan penyedia mesin pencarian Sogou.

Wang mengundurkan diri dari Sogou pada akhir 2021 silam dan mendirikan Baichuan pada April di tengah tren ChatGPT yang sedang digandrungi oleh masyarakat dunia. Baichuan dengan cepat dapat mengumpulkan dana sebesar 50 juta dolar AS (Rp 753,8 milyar) dari para investor.

Baca juga: Kecerdasan buatan akan disrupsi dunia HR secara positif

Baichuan-13, model 13 miliar parameter dengan basis arsitektur Transformer yang juga mendasari ChatGPT, dilatih pada data berbahasa China dan Inggris. Menurut keterangan pada halaman GitHub Baichuan Intelligent, model Baichuan-13B bersifat open source dan dioptimalkan untuk aplikasi komersial.

Baichuan-13 dilatih dengan 1,4 triliun token. Sebagai perbandingan, model LLaMa besutan Meta menggunakan 1 triliun token untuk model 13 miliar parameternya.

Wang sebelumnya mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa perusahaan rintisannya berada di jalur yang tepat untuk merilis model berskala besar yang sebanding dengan GPT-3.5 milik OpenAI pada akhir tahun ini.

Saat ini, model dasar Baichuan-13B tersedia gratis bagi akademisi dan pengembang yang telah mendapatkan persetujuan resmi untuk menggunakannya untuk tujuan komersial.

Meskipun terdampak penerapan sanksi chip AI dari AS terhadap China, model Baichuan-13B dapat menawarkan variasi yang mampu beroperasi pada perangkat keras kelas konsumen termasuk kartu grafis Nvidia 3090.

Baca juga: Kenali ancaman teknologi AI bagi keamanan siber perusahaan

Baca juga: Google uji coba AI Med-PaLM 2 di rumah sakit

Baca juga: Alibaba Cloud kenalkan model penghasil gambar AI Tongyi Wanxiang

Penerjemah: Farhan Arda Nugraha
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023