Dengan adanya perda ini, kami berharap koperasi di Kabupaten Bekasi makin terpayungi....
Kabupaten Bekasi (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, Jawa Barat mencanangkan Kabupaten Koperasi sebagai upaya membangkitkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melalui momentum peluncuran awal rangkaian kegiatan Hari Koperasi ke-76.

"Peringatan Hari Koperasi tidak hanya berhenti di tataran seremonial, perayaan, dan pameran, tapi harus dijadikan momentum kebangkitan koperasi. Mari jadikan Kabupaten Bekasi selain kota industri juga sebagai kabupaten koperasi," kata Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan, di Cikarang, Rabu.

Dia mengatakan keterpilihan Kabupaten Bekasi menjadi tuan rumah peringatan Hari Koperasi ke-76 tingkat Provinsi Jawa Barat 2023 menjadi momentum tepat meningkatkan level koperasi daerah hingga nasional bahkan internasional.

Unit koperasi mulai dari karyawan, produksi, hingga simpan pinjam diyakini mampu meraih kesejahteraan bersama melalui dukungan program pemerintah daerah.

"Bicara koperasi itu tidak jauh dari UMKM. Di lokasi kick off ini kami juga ada pelatihan UMKM, sosialisasi dari BPJS Ketenagakerjaan, dan pengembangan UMKM lain, sehingga rangkaian kegiatan ini terus berjalan sampai puncak peringatan pada 27 Juli nanti," katanya lagi.

Pihaknya bahkan baru saja mengesahkan peraturan daerah terkait perlindungan serta pemberdayaan koperasi dan usaha mikro bersama DPRD Kabupaten Bekasi melalui rapat paripurna pengesahan pada Selasa (11/7) petang kemarin.

"Dengan adanya perda ini, kami berharap koperasi di Kabupaten Bekasi makin terpayungi dan tentu saja mendapatkan dukungan lebih lagi terutama dari aspek fasilitasi pemerintah daerah, karena soko guru perekonomian bangsa ada di koperasi," ujarnya lagi.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bekasi Ida Farida mengatakan puncak acara Hari Koperasi ke-76 tingkat Jawa Barat digelar pada 27-29 Juli 2023, di Central Park Meikarta, Kecamatan Cikarang Selatan dihadiri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Rangkaian kegiatan Hari Koperasi tingkat Jawa Barat 2023 meliputi gelar produk koperasi dan UMKM, kampanye simpatik berkoperasi, pemberian gerobak dari Baznas Kabupaten Bekasi, pelatihan kewirausahaan, donor darah, serta sosialisasi jaminan kecelakaan kerja.

Ida mengatakan kegiatan ini melibatkan sejumlah kontribusi peserta mulai dari koperasi masyarakat umum hingga koperasi yang ada di berbagai perusahaan.

"Jadi mereka berpartisipasi di kegiatan lomba seperti sepeda santai, fashion, jadi kita membuka bagi siapapun yang memeriahkan acara ini," kata dia pula.
Baca juga: Pemkab Bekasi gelar pelatihan pelaku UMKM
Baca juga: Koperasi Pedagang Pasar Kranggan Bekasi bukukan aset Rp105 miliar


Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023