Jakarta (ANTARA News) - Pebulu tangkis, Dionysius Hayom Rumbaka, berhasil melewati rintangan di putaran kedua sekaligus menjadi satu-satunya wakil tunggal putra Indonesia yang melaju ke putaran ketiga turnamen Swiss Terbuka Grand Prix Gold.

Hayom, pemain peringkat 25 dunia itu akrab disapa, merebut tiket kemenangannya atas pemain Republik Ceko, Petr Koukal, lewat rubber game 15-21, 21-12, 21-10.

Hayom bangkit dari keterpurukannya di game pertama dan tanpa kesulitan mengendalikan permainan di game kedua. Akhirnya ia berhasil menebas hambatan dengan melenggang mudah di game ketiga pada pertandingan yang berlangsung di St Jakobshalle, Basel, Swiss itu.

Hayom masih menunggu lawannya antara Hans-Kristian Vittinghus yang merupakan unggulan kedelapan atau Christian Lind Thomsen untuk merengkuh babak perempatfinal. Hingga berita ini ditulis, kedua pemain sesama asal Denmark itu masih belum bertanding.

Jika nomor tunggal putra masih menyisakan perwakilan, Indonesia lagi-lagi harus kehabisan wakil dari sektor tunggal putri yang langsung berguguran pada laga mereka di putaran pertama turnamen berhadiah total  125.000 dollar AS itu.

Pemain pelatnas Adriyanti Firdasari lebih dulu angkat koper setelah dikalahkan unggulan ketujuh,  Jiang Yanjiao, dari China dengan skor 13-21, 9-21. Disusul kemudian dengan kekalahan Hera Desi yang menyerah dari pemain asal Jepang, Shizuka Uchida 16-21, 21-11, 19-21.

Selanjutnya, Maria Febe yang tinggal menjadi harapan satu-satunya gagal mengamankan tiket ke putaran kedua setelah ditaklukkan unggulan keenam asal Taiwan, Tai Tzu Ying, lewat rubber game 21-17, 14-21, 12-21 pada pertemuan ketiga mereka. (M047)

Pewarta: Monalisa
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013