Jakarta (ANTARA) - Manajer tim nasional bola voli putra Indonesia Loudry Maspaitella mengatakan variasi serangan skuad Merah Putih menjadi kunci kemenangan atas Kazakhstan pada babak 12 besar AVC Challenge Cup 2023.

Rivan Nulmulki dan kawan-kawan berhasil mengalahkan Kazakhstan yang dihuni pevoli tinggi besar dengan skor 3-0 (30-28, 25-21, 25-15) pada laga yang bergulir di University of Taipei Gymnasium, Taiwan, Rabu,

"Kesulitan pemain Indonesia menghadapi blocker tinggi dan (tangan) besar dan lebar. Namun, kedua tosser bisa mengatur variasi dan akurasi pembagian bola," ujar Loudry melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

"Keberhasilan ini bukan karena lawan tidak bisa baca serangan, tetapi karena spiker tim Indonesia bisa mengolah bola yang kurang bagus menjadi poin," ujarnya menambahkan.

Skuad Merah Putih tampil apik sejak awal. Indonesia menurunkan Dio Zulfikri, Farhan Halim, Rivan Nulmulki, Doni Haryono, Hendra Kurniawan, dan Fahreza Rakha Abhinaya sebagai starter.

Sedangkan Kazakhstan, enam pemain utama yang turun adalah Kanat Gabdulin, Vitally Vorivodin, Damir Akimov, Maxim Michsenko, Aibat Tleulin, dan Yerikzhan Boken.

Baca juga: Indonesia waspadai postur Kazakhstan di AVC Challenge Cup 2023

Doni Haryono menjadi aktor pada set pertama. Dia membuka poin pertama untuk skuad Merah Putih pada laga kali ini. Indonesia unggul pada set pertama 6-0 dan berlanjut hingga jelang akhir pertandingan.

Namun konsentrasi pemain Indonesia seperti memudar hingga Kazakhstan dapat mengejar dan menyamakan kedudukan menjadi 25-25. Saling kejar angka terjadi, sebelum akhirnya blok Doni menutup kemenangan Merah Putih 30-28.

Pada set kedua, Indonesia tampil lebih percaya diri. Farhan Halim dan kawan-kawan tampil ngotot dengan variasi serangan yang dilancarkan. Indonesia pun menutup set kedua dengan 25-21.

Lanjut ke set ketiga. Pola serangan Indonesia jauh lebih baik. Berada di atas angin, tim asuhan Jeff Jiang Jie itu terus menggempur pertahanan lawan yang menghasilkan poin demi poin hingga akhirnya menutup pertandingan dengan skor akhir set ketiga 25-15.

Dengan hasil ini, Indonesia pun lolos ke perempat final AVC Challenge Cup 2023. Selanjutnya, skuad Merah Putih akan berhadapan dengan pemenang laga antara Thailand dan Hong Kong.

Baca juga: Timnas voli putra Indonesia mulai bersaing di AVC Challenge Cup 2023
Baca juga: PBVSI targetkan tim voli putra ke final AVC Challenge Cup 2023
 

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023