Banyuwangi dekat dengan daerah endemik, yakni Bali, jadi harus meningkatkan kewaspadaan
Banyuwangi (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, mulai melakukan vaksinasi terhadap hewan-hewan pembawa virus rabies yang berada di wilayah pinggiran kabupaten ujung timur Pulau Jawa itu.

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertangan) Kabupaten Banyuwangi Nanang Sugiarto mengemukakan bahwa pada awal pekan ini petugas telah menyuntik puluhan anjing dan kucing di Kecamatan Tegaldlimo.

"Nantinya, vaksin rabies akan dilanjutkan ke daerah-daerah lain seperti Kecamatan Muncar, Purwoharjo, Pesanggaran, Blimbingsari, Kalibaru, dan Glenmore," katanya di Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu.

Nanang menyebutkan, sejauh in petugas Dinas Pertanian dan Pangan setempat sudah menyuntik vaksin untuk 67 ekor anjing dan 10 ekor kucing di wilayah pinggiran.

Dia menjelaskan bahwa sasaran awal vaksinasi rabies adalah hewan-hewan pembawa virus rabies seperti anjing dan kucing  yang dilepasliarkan pemiliknya.

Sementara wilayah pinggiran menjadi sasaran utama sebab daerah tersebut banyak berbatasan dengan hutan-hutan. Sehingga, keberadaan hewan tersebut rentan untuk tertular rabies.

Baca juga: Cegah rabies, warga Sikka-NTT diimbau vaksinasi pada HPR
Baca juga: Pemprov: Terjadi 293 gigitan hewan pembawa rabies di Sumbar


Menurut Nanang, sejauh ini Kabupaten Banyuwangi nihil kasus rabies, namun karena berada di dekat daerah endemik rabies, yakni Bali, antisipasi lebih dini perlu dilakukan.

"Bagaimanapun, Banyuwangi dekat dengan daerah endemik, yakni Bali, jadi harus meningkatkan kewaspadaan terhadap virus rabies," ucap dia.

Setelah hewan yang dilepasliarkan, vaksinasi akan dilanjutkan pada hewan-hewan peliharaan yang dirumahkan. Untuk sasaran ini, populasi terbanyak berada di daerah kota dan sekitarnya.

Di Kabupaten Banyuwangi memilik stok 1.500 dosis vaksin rabies. Stok tersebut bisa bertambah apabila kebutuhan di lapangan tergolong tinggi.

"Bisa ditambah sesuai dengan permintaan ke pemerintah pusat. Dan vaksinasi rabies ini kan harus diulang setiap tahun," ujar Nanang.

Baca juga: Pemprov DKI tingkatkan layanan vaksinasi dan sterilisasi hewan rabies
Baca juga: Tetap waspada, Pemprov Jabar siapkan 5 langkah antisipasi kasus rabies
Baca juga: Pemkot Denpasar gerak cepat vaksinasi rabies pada anjing liar

Pewarta: Novi Husdinariyanto
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023