pengguna jalan sangat tidak disarankan berteduh di bawah pohon
Ambon (ANTARA) - Sejumlah pohon tumbang di sejumlah desa di Kota Ambon akibat hujan dan angin kencang, Rabu.

"Pohon tumbang terjadi di Desa Tawiri, Hative Besar dan Hunuth Kecamatan Teluk Ambon, kawasan Halong Baru dan Desa Lateri Kecamatan Baguala," Kata Plt Kepala Pelaksana BPBD Kota Ambon, Fahmy Salatalohy di Ambon, Rabu.

Ia mengatakan, kejadian pohon tumbang di Desa Hative Besar mengakibatkan akses jalan ke Bandara Pattimura Ambon macet, sehingga dilakukan pemotongan pohon yang tumbang.

Pemotongan pohon yang tumbang dilakukan tim BPBD Kota Ambon bersama Dinas Damkar, Babinsa dan Bhabinkamtibmas dibantu masyarakat di sekitar lokasi.

Ia menyampaikan, pohon yang tumbang disebabkan terpaan angin kencang dan kondisi pohon yang sudah tua, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Baca juga: Hujan dan angin kecang akibatkan banjir dan pohon tumbang di Ambon
Baca juga: Hujan deras landa Ambon, listrik padam akibat tertimpa pohon tumbang


Pihaknya mengimbau masyarakat tetap waspada terhadap dampak cuaca, khususnya di Kota Ambon yang tidak menentu.

"Untuk masyarakat atau pengguna jalan sangat tidak disarankan berteduh di bawah pohon, terutama yang terlihat rawan tumbang, atau di sekitar tebingan. Tetap waspada terhadap hal-hal yang jadi dampak cuaca hujan deras dan angin kencang," katanya.

Ia menyatakan, selain pohon tumbang sejumlah kawasan juga terancam longsor yakni Kelurahan Waihoka, Batu Meja, Negri Hutumuri, Dusun Tuni dan Kusu- Kusu Kelurahan Urimessing,

Terdata delapan titik longsor dan delapan unit rumah terancam longsor dan 10 rumah terdampak banjir.

Petugas BPBD bersama Dinas Sosial Kota Ambon juga telah disalurkan bantuan logistik berupa makanan siap saji, pakaian, handuk , selimut dan kasur juga terpal, sekop serta karung kepada masyarakat yang terdampak.

"Bantuan tanggap darurat lainnya akan segera disalurkan petugas bagi warga yang terdampak bencana," kata Fahmy.

BPBD juga melakukan pemantauan kejadian bencana, cuaca, tinggi muka air, tinggi gelombang, gempa, tsunami melalui BMK dan memantau ketinggian permukaan air dari command center Pemerintah Kota Ambon.

Baca juga: 8 pohon tumbang akibat hujan deras & angin kencang di Kota Padang
Baca juga: BPBD ingatkan warga waspadai longsor di lintas barat selatan Aceh
Baca juga: Pengemudi meninggal tertimpa pohon di jalur Gumitir Jember dievakuasi

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023