Mas Hasto datang ke sana (DPP PKB) ngajak diskusi, termasuk kira-kira menyampaikan ya selama ini kan kami bareng PKB-PDIP
Jakarta (ANTARA) - Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP PKB Syaiful Huda mengungkapkan bahwa Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto sempat mengutarakan ajakan kepada PKB untuk berkoalisi pada Pilpres 2024 saat mengunjungi Kantor DPP PKB, Jakarta, Jumat (2/6) lalu.

"Mas Hasto datang ke sana (DPP PKB) ngajak diskusi, termasuk kira-kira menyampaikan ya selama ini kan kami bareng PKB-PDIP, kami bareng lagi lah kira-kira begitu. Jadi, Hasto memberikan uluran tangan untuk ngajak ke PKB," kata Huda di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu.

Hal itu disampaikannya merespons pertanyaan terkait rencana pertemuan antara Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

"Gini, (berikutnya) ketemu Ibu Mega ini fase lanjutan," ucapnya.

Dia menyebut bahwa PKB melalui fraksinya di parlemen juga sempat melangsungkan pertemuan dengan Fraksi PDIP di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (4/7).

Baca juga: Puan sebut ada rencana pertemuan Megawati dengan ketum parpol lain

"Kemudian antarfraksi ketemu mendiskusikan termasuk apa yang sudah dibahas di Mas Hasto lalu didiskusikan di fraksi. Di fraksi itu lah lalu muncul rencana untuk pertemuan Gus Imin dengan Ibu Mega," tuturnya.

Terkait ajakan kerja sama politik dari PDIP, Huda menyebut bahwa PKB belum menentukan sikap lantaran bergantung pada diterima atau tidaknya proposal tunggal partainya untuk mengusung Cak Imin sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres).

"Tergantung PDIP karena proposal kami tunggal, dimana pun koalisi, proposal kami tunggal Cak Imin sebagai cawapres," ucapnya.

Sementara itu, Huda menegaskan bahwa terkait rencana pertemuan Cak Imin dengan Megawati tidak dilakukan bersamaan dengan rencana Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang berkeinginan pula untuk bertemu dengan mantan Presiden RI itu.

"Enggak, trayeknya beda," kata dia.

Sebelumnya, Selasa (11/7), Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani mengatakan bahwa pimpinan partainya siap bersilaturahmi dengan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

"Kami PDI Perjuangan siap untuk selalu bersilaturahmi, membahas dan menerima masukan, ataukah kemudian memberikan masukan dengan semua ketua umum partai politik, termasuk PKB," kata Puan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa.

Baca juga: Pengamat: Cak Imin lebih berpeluang jadi cawapres Prabowo
Baca juga: Hasto: Hubungan Megawati-Cak Imin dekat secara historis dan ideologis

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023