Manado (ANTARA) - Pada hari ketiga pencarian, akhirnya Tim SAR gabungan menemukan seorang pria lanjut usia (lansia) yang hilang di Minahasa Selatan (Minsel), Sulawesi Utara, dalam keadaan selamat.

"Pada hari ketiga pencarian terhadap korban Jouke Rauan, 72 tahun di Desa Matani, Minsel, ditemukan selamat," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Manado Monce Brury, di Manado, Rabu.

Dia mengatakan pada hari kedua, pencarian sudah dilakukan hingga 2.5 kilometer m akan tetapi belum menemukan keberadaan korban.

Pada hari ini, tim SAR gabungan seperti Basarnas, polisi, pemerintah desa, masyarakat setempat dan keluarga korban, memperluas pencarian korban dari lokasi kejadian.

Pencarian hari ini difokuskan di jalan setapak yang mengarah ke kebun korban.

Baca juga: Polisi temukan jasad lansia hilang satu bulan di irigasi Lubuk Linggau
Baca juga: Wanita lansia hilang tenggelam di sungai Lombok Timur


Semua unsur yang terlibat sudah melaksanakan pencarian dari jam 06.00 WITA mengingat korban sudah lanjut usia dan diperkirakan masih hidup.

Pencarian korban pada hari ketiga akhirnya membuahkan hasil dan korban ditemukan selamat di pinggir jalan setapak perkebunan yang lagi istirahat.

Korban ditemukan dari lokasi kejadian sekitar 3 kilometer, kemudian langsung dievakuasi ke rumah korban untuk penanganan kesehatan mengingat korban tidak makan dan minum selama tiga hari.

"Pencarian selama tiga hari ini kami sudah maksimalkan agar pada saat pencarian melihat di sekeliling kanan kiri jalan setapak," katanya.

Dia menambahkan, selama pencarian tim SAR gabungan tidak ada hambatan dikarenakan cuaca sangat mendukung dan daerah pencarian landai tidak ada perbukitan.

"Dengan ditemukannya korban, operasi kami nyatakan ditutup dan korban kami serahkan ke pihak keluarga," katanya.

Baca juga: Lansia hilang di hutan Konawe ditemukan dalam kedaan lemas
Baca juga: Basarnas cari lansia 60 tahun hilang di hutan Konawe
Baca juga: SAR temukan lansia hilang di salah satu jurang di Minahasa Selatan

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023