jalan yang semakin baik dapat dimanfaatkan masyarakat khususnya petani
Gorontalo (ANTARA) - Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Gorontalo Budiyanto Sidiki mengakui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) percepat realisasi pembangunan infrastruktur daerah.

"Alhamdulillah pihak TNI melaksanakan program TMMD ke-117 Tahun Anggaran 2023 di wilayah Kodim 1304/Merdeka. Ini sangat mempercepat program pembangunan infrastruktur di daerah ini," kata Penjabat Sekdaprov Budiyanto di Gorontalo, Rabu.

Program TMMD mengerjakan jalan rabat beton sepanjang 900 meter di Desa Kemiri, Kecamatan Bone Pantai Kabupaten Bone Bolango.

"Pemprov sangat mendukung program ini. Dengan harapan infrastruktur jalan yang semakin baik dapat dimanfaatkan masyarakat khususnya petani dalam mengangkut hasil pertanian. Tentu ini sangat membahagiakan masyarakat," katanya.

Ia berharap kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan juga pada program infrastruktur yang lain.

Baca juga: Satgas TMMD 117 di Tanimbar fokus bangun dua desa rawan bencana
Baca juga: Wabup Temanggung berharap TMMD sisipkan program semangat kebangsaan


Kegiatan seperti ini biasanya tidak bisa disanggupi dengan pekerjaan secara reguler. Pemprov berharap melalui program TMMD oleh TNI, dapat melaksanakan pembangunan infrastruktur yang memudahkan masyarakat menikmati akses transportasi dengan bahagia.

Lokasi TMMD dilaksanakan di kantong-kantong produksi pertanian. "Jadi kami mendukung sesuai dengan kewenangan kita di provinsi,” katanya pula.

Dandim 1304/Gorontalo selaku Komandan Satgas TMMD Letkol Inf Mustamin mengatakan, pembuatan jalan dari sasaran fisik program ini sepanjang 900 meter dengan lebar 2,5 meter.

Desa Kemiri dipilih sebagai pelaksanaan TMMD tahun ini karena masyarakat kesulitan akses transportasi. Seperti kesulitan membawa hasil kebun ke pasar dan keadaan darurat lainnya.

"Misalnya ibu hamil yang terpaksa harus ditandu karena sulitnya akses transportasi. Sementara dari desa ini ke desa tetangga jaraknya hampir 10 kilometer. Sehingga pelebaran jalan ini sangat memudahkan kendaraan melalui jalan dari dan ke desa ini," kata Dandim.

Jumlah personel pada pelaksanaan TMMD tersebut, sebanyak 150 orang, melibatkan masyarakat sebanyak 20 orang per hari.

Baca juga: Wali Kota Manado apresiasi TNI laksanakan TMMD ke-117
Baca juga: TMMD Palangka Raya bangun jembatan 180 meter di daerah pinggiran
Baca juga: TMMD di Kulon Progo fokus pembangunan infrastruktur di Ngargosari

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023