Trenggalek punya angka pengangguran yang cukup tinggi. Ada kenaikan dan ini langkah kita untuk menekan angka itu
Trenggalek, Jawa Timur (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, menggelar pelatihan wirausaha mandiri yang diikuti puluhan pemuda/remaja setempat, dengan tujuan menekan angka pengangguran usia produktif di daerah tersebut.

"Trenggalek punya angka pengangguran yang cukup tinggi. Ada kenaikan dan ini langkah kita untuk menekan angka itu," kata Bupati Trenggalek Mochammad Nur Arifin di Trenggalek, Rabu.

Total ada 60-an peserta yang mengikuti program pelatihan tersebut. Mereka dibagi dalam tiga kelompok pelatihan ketrampilan siap kerja, yakni pelatihan potong/pangkas rambut (barbershop), pelatihan meracik kopi (barista) serta pelatihan bidang multimedia.

"Tahun ini pelatihan diselenggarakan selama 18 hari, mulai tanggal 3 hingga 24 Juli di BLK Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Trenggalek," lanjut dia.

Selain memberikan motivasi pengarahan kerja, Bupati Arifin atau Mas Ipin juga menjajal ketrampilan potong rambut yang dipelajari para peserta.

Baca juga: Pemkab Trenggalek larang pembelian ternak dari daerah endemis antraks

Baca juga: Pemkab Trenggalek gelar kontes durian varietas lokal


Tantangan potong rambut itu disampaikan secara spontan. Alhasil, meskipun dalam fase belajar, ada peserta yang memberanikan diri untuk mencoba. Menurut Bupati yang akrab disapa Mas Ipin ini, kemampuan mencukur peserta pelatihan barbershop sudah bagus dan layak untuk terus dikembangkan.

"Saya suka anak-anak yang berani. Karena kesuksesan itu tergantung kita. Kalau kita percaya diri, baru pegang sekali dan langsung kita kasih tantangan untuk motong saya, hasilnya lumayan bagus. Kalau 18 hari dilatih pasti akan lebih bagus lagi," ujarnya.

Nantinya sebelum para peserta mendapatkan sertifikat, bakal ada ujian kompetensi untuk mengetes kelaikan para peserta untuk terjun di dunia kerja.

Dengan keterampilan dan sertifikasi yang dimiliki, Mas Ipin berharap para peserta siap terjun di dunia kerja. Syukur-syukur bisa membuka lapangan kerja sendiri.

Baca juga: Trenggalek promosikan daerah melalui ajang Putri Otonomi

Baca juga: Bendungan Bagong tingkatkan luas irigasi di Trenggalek jadi 857 hektar

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023