Sukabumi (ANTARA News) - Gempa berkekuatan 5,1 skala Richter yang berpusat di Cianjur, Jawa Barat, dirasakan di sebagian wilayah Sukabumi.

"Saya cukup kaget saat sedang nonton televisi tiba-tiba ada getaran yang cukup kencang ,dan kami sekeluarga langsung keluar rumah. Ternyata tidak hanya saya saja yang merasakan, tetangga pun merasakan gempa tersebut," kata Junaidi warga Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Kamis.

Selain itu, gempa juga dirasakan di sebagian wilayah di Kota dan Kabupaten Sukabumi, seperti dikatakan Sulaeman warga Kecamatan Cicurug, gempa tersebut terasa cukup kencang tetapi hanya sesaat. Namun, sempat membuat panik dirinya yang tengah bersantai di teras halaman rumahnya.

"Saya langsung lari keluar rumah khawatir terjadi sesuatu karena kami trauma dengan kejadian gempa sebab Sukabumi merupakan daerah yang berpotensi rawan gempa bumi," ujarnya.

Sampai berita ini diturunkan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota dan Kabupaten Sukabumi belum menerima laporan kerusakan akibat gempa tersebut. Akan tetapi, pihaknya sudah menugasi relawan dan tim reaksi cepat penanggulangan bencana untuk segera mendata warga khawatir ada bangunan yang rusak.

Dari data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) gempa bumi berpusat di 8.20 LS-106.87 BT dengan kedalaman episentrum gempa 10 km di 117 km barat daya Cianjur pada pukul 16.48 WIB.

Pewarta: Aditya A. Rohman
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013