Kairo (ANTARA) - Mesir pada Rabu (12/7/2023) meluncurkan rig (anjungan) minyak pertama yang diproduksi secara lokal di pelabuhan Ain Sokhna di timur laut Mesir.

Rig pengeboran minyak darat otomatis berkekuatan 2.000 tenaga kuda diproduksi oleh perusahaan patungan Mesir-China.

"Ini adalah bor minyak buatan Mesir pertama dan akan membantu melaksanakan program penggalian dan penggalian di area darat," kata Menteri Perminyakan dan Sumber Daya Mineral Mesir Tarek El-Molla pada upacara pengiriman.

Dia menambahkan manufaktur penggali lokal merupakan langkah baru dan penting yang memungkinkan sektor perminyakan memanfaatkan kemampuannya secara optimal dan mempercepat rencananya untuk mengebor sumur guna meningkatkan produksi minyak dan sumber daya gas, di tengah meningkatnya permintaan minyak.

"(Alat) Penggali adalah model kerja sama ekonomi yang bermanfaat antara Mesir dan China dan contoh sukses untuk mentransfer teknologi manufaktur dari China ke Mesir," kata El-Molla.

Sementara itu, Zhang Chaoyang, dari Kedutaan Besar China di Mesir, mengatakan bahwa keberhasilan penyelesaian proyek tersebut merupakan hasil penting dari kerja sama yang baik selama bertahun-tahun antara perusahaan China dan mitra mereka di Mesir.

Ini adalah contoh nyata dari partisipasi aktif perusahaan-perusahaan yang didanai China di Mesir dalam pembangunan bersama Inisiatif Sabuk dan Jalan, kata Zhang.

Sebagai produsen alat penggali penggalian (excavation digger), Egyptian Petroleum HH Rig Manufacturing S.A.E. Co. didanai bersama oleh anak perusahaan China Honghua Group Ltd dan Egyptian General Petroleum Corporation.

Zhu Hua, wakil presiden eksekutif Honghua Group Ltd, mengatakan kepada Xinhua bahwa produksi rig pengeboran lokal di Mesir telah mengurangi kekurangan peralatan minyak dan gas impor di negara itu, dan melatih talenta teknis lokal untuk membantu pertambangan independen negara itu dan meningkatkan efisiensi.


Baca juga: Ladang Minyak Daqing China produksi 15 juta ton minyak mentah pada H1
Baca juga: Minyak turun di Asia sore jelang rilis data ekonomi China dan AS
Baca juga: Produksi minyak lepas pantai China telah melebihi 500 juta ton

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023