Jakarta (ANTARA) - Serial "Succession" mendapat jumlah nominasi Emmy Awards 2023 terbanyak dengan total 27 nominasi, termasuk kategori serial drama terbaik, aktris utama terbaik, serta tiga nominasi kategori aktor utama terbaik, mengutip laporan Variety disiarkan Rabu (12/7) waktu setempat.

Sementara itu, "The Last of Us" menempati urutan kedua sebagai serial yang mendapat nominasi Emmy terbanyak dengan total 24 nominasi, termasuk kategori serial drama terbaik serta aktor dan aktris terbaik untuk Pedro Pascal dan Bella Ramsey.

Serial "The White Lotus", "Ted Lasso", dan "The Marvelous Mrs. Maisel" secara berurutan masing-masing mendapat total 23 nominasi, 21 nominasi, dan 14 nominasi. Ada pula "The Bear", "Beef", dan "Dahmer – Monster: The Jeffrey Dahmer Story" yang ketiganya sama-sama mendapat total 13 nominasi.

Baca juga: "Succession" dominasi nominasi Emmy Awards 2022

Jika ditilik dari penyedia layanan streaming yang menayangkan serial-serial televisi tersebut, HBO/Max memimpin dari semua platform lainnya dengan total 127 nominasi dan diikuti oleh Netflix di urutan kedua dengan 103 nominasi.

Selain HBO/Max dan Netflix, ada Apple TV+ yang berada di urutan ketiga dengan 46 nominasi, Hulu dan Prime Video masing-masing mendapat 42 nominasi, serta Disney+ mendapat 40 nominasi.

Seluruh acara televisi yang mendapat nominasi Emmy tersebut memiliki jadwal tayang dalam rentang waktu 1 Juni 2022 hingga 31 Mei 2023.

Acara Emmy Awards ke-75 dijadwalkan diselenggarakan pada 18 September 2023 waktu setempat. Namun, pemogokan kerja penulis naskah di Hollywood yang masih berlangsung kemungkinan besar dapat memicu jadwal Emmy Awards mundur pada November atau Januari tahun depan.

Baca juga: "It's Okay To Not Be Okay" dan "I-LAND" masuk nominasi Emmy Awards
Baca juga: Bintang serial televisi tampil menawan di karpet merah Emmy Awards

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023