Pangkalpinang (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyatakan kegiatan Explore Babel 2023 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat mendorong Gerakkan Bangga Berwisata di Indonesia.

"Kami berharap Explore Babel 2023, dapat memberikan manfaat bagi kemakmuran masyarakat Indonesia khususnya Kepulauan Bangka Belitung," kata Sandiaga Uno dalam sambutan via zoom pada pembukaan Explore Babel 2023 di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengapresiasi Pemprov Kepulauan Bangka Belitung berkolaborasi dengan Bank Indonesia menyelenggarakan Explore Babel 2023 di Kota Pangkalpinang, karena dapat mengoptimalkan Gerakan Nasional Bangga Indonesia (Gernas BBI) dan Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia (GBWI), guna memulihkan perekonomian masyarakat pascapandemi COVID-19.

Baca juga: Pemprov-BI gelar "Explore Babel" di KEK Tanjung Kelayang Belitung

"Semoga acara ini bisa berjalan lancar dan sukses serta memberikan manfaat bagi kemakmuran dan kemajuan pariwisata di Indonesia khususnya Kepulauan Babel," katanya.

Deputi Bank Indonesia Alda S. Budiman mengatakan acara Explore Babel 2023 dengan tema "Mendorong UMKM dan Pariwisata Babel sebagai sumber pertumbuhan ekonomi baru yang berdaya saing melalui konsistensi, inovasi, dan sinergi" merupakan acara selebrasi, apresiasi, dan komitmen bersama untuk bersinergi lebih maju lagi.

"Selebrasi ini adalah yang kali keduanya dan kita bersama-sama kolaborasi mengadakan Explore Babel 2023," katanya.

Ia menyatakan Explore Babel 2023 sebagai bentuk kolaborasi yang secara konsisten dilakukan bersama pemerintah pusat, pemda, dan Bank Indonesia serta semua pelaku usaha untuk mencari potensi-potensi sektoral ekonomi daerah yakni pariwisata dan umkm.

"Kegiatan ini untuk mempromosikan pariwisata, perdagangan, serta peningkatan kapasitas UMKM agar mampu bersaing di pasar global," katanya.

Menurut dia, topik dan tema Explore Babel tahun ini, sangat penting untuk menjaga ekonomi yang berkelanjutan yaitu yang kukuh, stabil, inklusif, dan hijau.

"Bagaimana kita terus berkomitmen bersama bersinergi menjaga pertumbuhan ekonomi dan mengembangkan potensi yang bisa dilakukan," katanya. ***1***

Baca juga: Bank Indonesia gelar "Explore Babel" bantu percepat pemulihan ekonomi

Pewarta: Aprionis
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023