Kegiatan Explore Babel tahun ini, tentunya akan memberikan multiplier effect kepada UMKM untuk ke depannya.
Pangkalpinang (ANTARA) - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki menyatakan Explore Babel 2023 di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) sebagai upaya meningkatkan peran pariwisata dan UMKM dalam mempercepat pengembangan ekonomi keuangan digital.

"Kami mengapresiasi Pemprov Babel dan Bank Indonesia menyelenggarakan Explore Babel 2023 ini," kata Teten Masduki dalam sambutan via zoom pada kegiatan Explore Babel 2023, di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan kegiatan Explore Babel 2023 dapat menjadi momentum pasca pandemi COVID-19, untuk membangkitkan semangat kebanggaan terhadap produk buatan Indonesia, di antaranya produk buatan UMKM, potensi wisata Indonesia, dan karya kreatif Indonesia.

"Kegiatan ini tentunya berkontribusi langsung sektor pariwisata, yakni sekitar 4,6 sampai 4,9 persen terhadap PDB Indonesia dan juga menjadi salah satu sektor krusial yang harus terus didukung," katanya pula.

Menurut dia, melalui sinergi gerakan dan kolaborasi bersama optimis dapat menciptakan ekosistem pariwisata yang berkelanjutan, sehingga dapat menciptakan peluang investasi, lapangan kerja, dan memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat.

"Kegiatan Explore Babel tahun ini, tentunya akan memberikan multiplier effect kepada UMKM untuk ke depannya," katanya lagi.

Ia mengharapkan melalui kegiatan Explore Babel 2023 akan terbangun landasan bagi usaha Indonesia dalam mengangkat potensi dan keunggulan sektor pariwisata Tanah Air, khususnya Kepulauan Babel.

"Kami berharap dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas produk UMKM Kepulauan Babel yang berdaya saing pasar global," kata Teten Masduki lagi. 
Baca juga: Pemprov-BI gelar "Explore Babel" di KEK Tanjung Kelayang Belitung
Baca juga: Menpareraf: Explore Babel dorong gerakan bangga berwisata di Indonesia

Pewarta: Aprionis
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023