Kegiatan ini bisa meningkatkan omzet para pelaku UMKM.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki menyatakan penyelenggaraan kegiatan ​​​​​​KUMKM (Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) Ramadhan Fair 1445 Hijriah dapat meningkatkan omzet pelaku UMKM.

"Kegiatan ini bisa meningkatkan omzet para pelaku UMKM," ujar Teten saat membuka kegiatan KUMKM Ramadhan Fair 1445 H, di Kemenkop UKM, Jakarta, Senin.

Teten juga berharap kegiatan Ramadhan Fair tersebut dapat membantu bagi pegawai Kemenkop UKM, pegawai perkantoran di sekitar Kemenkop UKM dan masyarakat umum dalam mendapatkan kebutuhan Ramadhan yang lebih murah.

"Mudah-mudahan Ramadhan Fair ini di satu sisi bisa memberikan kemudahan bagi para pegawai Kemenkop UKM, dan mungkin juga para pegawai kantor-kantor kementerian serta lainnya di sekitar Kantor Kemenkop UKM untuk bisa mendapatkan kebutuhan Ramadhan yang lebih murah," katanya.

Teten mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan ini, karena menghadirkan berbagai produk KUMKM.

Momen Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri merupakan waktu yang baik bagi pelaku KUMKM untuk menghasilkan produk-produk kebutuhan masyarakat yang inovatif setiap tahunnya.

Meningkatnya kebutuhan masyarakat bulan ini dan hari raya menjadi peluang bagi para pelaku KUMKM untuk meningkatkan penjualannya. Kegiatan ini bisa memotivasi para pelaku KUMKM untuk membangun serta mengembangkan usaha.

Sebab pilar ekonomi nasional itu ada di UMKM, sehingga pemerintah bertugas memberikan dukungan pengembangan usaha salah satunya melalui UMKM Ramadhan Fair ini.

Kemenkop UKM mengajak masyarakat untuk datang membeli dan menggunakan produk UMKM sebagai wujud bangga dan cinta produk lokal Indonesia.

Sekretaris Kemenkop UKM Arif Rahman Hakim mengatakan, kegiatan Ramadhan Fair merupakan acara tahunan untuk mempermudah akses para pegawai mendapatkan kebutuhan dan juga pegawai perkantoran di sekitar Kemenkop UKM, supaya bisa mendapatkan barang-barang berkualitas dan lebih murah selama bulan Ramadhan.

Kegiatan itu diikuti oleh beragam pelaku UMKM, terutama pelaku usaha mikro.

"Ini melibatkan terutama untuk kebutuhan-kebutuhan yang biasa dimanfaatkan selama Ramadhan dan nantinya saat Idul Fitri," kata Arif Rahman Hakim.

Dalam pembukaan kegiatan KUMKM Ramadan Fair ini, Kemenkop UKM juga melakukan pemberian santunan kepada pegawai kementerian dan kaum dhuafa.
Baca juga: Ini ragam agenda "ngabuburit" di Jakarta akhir pekan ini
Baca juga: Wapres buka Kepulauan Riau Ramadhan Fair 2024 di Tanjungpinang

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024