Produk lidah buaya dan makanan khas yang ditampilkan sudah menjadi identitas Kota Pontianak.
Pontianak (ANTARA) - Produk lidah buaya atau aloe vera menjadi bagian di antara produk unggulan Kota Pontianak yang mampu memikat para pengunjung stan Indonesia City Expo (ICE) 2023 di Center Poin of Indonesia, Makassar, Sulawesi Selatan.

"Produk lidah buaya dan makanan khas yang ditampilkan sudah menjadi identitas Kota Pontianak. Bahkan turis asing berkunjung ke stan kita dan tertarik dengan produk lidah buaya," ujar Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono saat dihubungi, di Makassar, Kamis.

Ia mengapresiasi dan mendukung digelarnya ICE ini sebagai ajang bagi kota-kota di Indonesia dalam mengenalkan daerahnya masing-masing. Selain menampilkan potensi yang dimiliki masing-masing kota, juga menampilkan produk-produk unggulan terutama produk UMKM.

"Selain itu melalui pameran Apeksi ini diharapkan kita bisa saling bertukar informasi dan pengalaman, sehingga bisa meningkatkan kualitas produk UMKM maupun memperluas pemasarannya," ujar dia.

Kota Pontianak merupakan satu di antara kota-kota lainnya yang ikut serta pada ajang ICE yang digelar dalam rangka pertemuan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) XVI di Makassar mulai tanggal 12 hingga 14 Juli 2023.

Ketua Dekranasda Kota Pontianak Yanieta Arbiastutie menambahkan, keikutsertaan pelaku UMKM di bawah binaan Dekranasda ini sebagai salah satu upaya mempromosikan produk-produk unggulan yang dimiliki Kota Pontianak.

"Produk yang dipamerkan beraneka jenis mulai dari aksesoris hingga produk makanan dan minuman seperti produk turunan dari aloe vera, kain corak insang, kerajinan dari akar keladi air, dan sebagainya," katanya lagi.

Dia mengatakan jika dilihat dari antusias pengunjung ke stan Pemerintah Kota Pontianak, memang lebih banyak yang tertarik pada produk olahan tanaman lidah buaya, seperti cokelat, minuman, teh lidah buaya, nastar, kerupuk lidah buaya hingga keripik jamur tiram aloe vera.

"Produk olahan lidah buaya ini memang sudah dikenal sebagai salah satu ciri khas Kota Pontianak, sehingga ketika berkunjung pasti yang ditanyakan pertama kali adalah air lidah buaya baru yang lainnya," kata dia pula.
Baca juga: Delegasi BIMP-EAGA dari Filipina tertarik Aloevera Pontianak
Baca juga: Gedung UMKM Center Pontianak "diserbu" pengunjung STQ Nasional

Pewarta: Dedi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023