Jakarta (ANTARA) - Petugas gabungan dari Polres Jakarta Selatan, Komando Rayon Militer (Koramil), aparatur sipil negara (ASN) Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan, kecamatan, karang taruna, pramuka hingga mahasiswa, membersihkan sampah Kali Uangan, Petukangan Utara, Pesanggrahan.

"Kami mendapat informasi di lokasi ini dangkal dan ada sampah sampai airnya hitam. Karena itu, diperlukan kesadaran masyarakat untuk tidak buang sampah sembarangan," kata Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Ade Ary Syam Indradi saat ditemui di Jakarta, Kamis.

Ade menjelaskan, pihaknya mengajak sekitar 170 personel gabungan dari pihak terkait sebagai bentuk kepedulian dengan berkontribusi menjaga lingkungan sehingga ikut membersihkan sampah bersama warga sekitar.

Selain itu, pihaknya juga ingin meningkatkan silaturahmi antarwarga agar komunikasi bisa terjalin dengan baik untuk ke depannya, termasuk dalam pemeliharaan ketertiban dan keamanan masyarakat.

"Saya berharap lingkungan kita bisa lebih baik lagi dan semoga bisa membantu mencegah terjadinya hal tak diinginkan," katanya. 

Dari hasil pengambilan sampah di Kali Pesanggrahan tersebut pihaknya mengumpulkan sejumlah karung berisi sampah untuk dibuang ke tempat pembuangan sampah terdekat.

Selain membersihkan sampah, pihak Polres Metro Jakarta Selatan juga membagikan sembako kepada warga sekitar yang membutuhkan.

Baca juga: Pemprov DKI kelola sampah elektronik rumah tangga secara gratis
Baca juga: Pemprov DKI bersihkan tumpukan sampah di Pantai Mangrove Muara Angke

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023