Seoul (ANTARA News) - Harga saham Samsung Electronics jatuh 2,63 persen di bursa saham Seoul, Jumat, menyusul peluncuran ponsel pintar terakhir perusahaan itu di kota New York.

Harga saham Samsung ditutup pada 1.480.000 won akibat aksi ambil untung oleh investor asing. Para analis menyebut rilis Galaxy S4 sudah diperhitungkan sebagai faktor penyebab, namun investor malah khawatir harga saham tertekan.

"Ini bukan karena Galaxy S4 gagal memenuhi ekspektasi. Ini hanya karena investor merasa upgrade teknikal ponsel pintar datar-datar saja," kata Bae Seung-Young dari Hyundai Securities kepada AFP.

Indeks harga saham gabungan sendiri turun 0,78 persen.

Galaxy S4 yang akan diluncurkan serempak di 155 negara April mendatang, dilengkapi layar lima inchi berdefinisi tinggi (HD), berkemampuan pengambilan gambar lebih tinggi dan mampu menerjemahkan sembilan bahasa.

Harga saham Samsung relatif stabil tahun ini, sedangkan harga saham Apple anjlok 20 persen karena kekhawatiran tidak memuaskannya penjualan iPhones bakal menggoyang dominasi Apple di pasar.

Samsung merengkuh pendapatan 29 persen dari pasar ponsel pintar sepanjang 2012, sedangkan Apple 21,8 persen, demikian Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013