Medan (ANTARA) - Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara Musa Rajekshah bertemu dengan Menteri Pendidikan dan Luar Negeri Singapura Mohamad Maliki Bin Osman membahas potensi kerja sama antara kedua pihak, di Medan, Sumatera Utara (Sumut), Kamis.

"Sebuah kehormatan bisa bertemu dengan Bapak Mohamad Maliki Bin Osman, Menteri Pendidikan dan Luar Negeri Singapura. Berharap kunjungan ini mendorong kerja sama antara Singapura dan Sumut di berbagai sektor," ujar Ijeck sapaan akrab Musa Rajekshah.

Ijeck mengatakan Provinsi Sumatera Utara memiliki potensi untuk dilakukan kerja sama di berbagai sektor, seperti sektor pariwisata, pangan, dan berbagai produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

“Saya berterima kasih kepada Bapak Maliki Osman karena sudah berkunjung ke Sumatera Utara, bahkan sudah keliling ke sekitaran Danau Toba dan di sana berjumpa dengan kepala daerahnya untuk melihat potensi dari Sumatera Utara yang bisa diekspor ke Singapura, baik produk UMKM maupun pangan dan lainnya," kata Ijeck

Pada kesempatan itu, Ijeck juga menyambut baik terhadap program edukasi dan pelatihan dari Pemerintah Singapura dalam bidang pengembangan sektor publik dan pariwisata.

"Melihat kesuksesan Singapura dalam mengembangkan e-government, kita berharap ke depan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara bisa menjalin kerja sama itu, untuk melatih dan melihat apa kekurangan dan kelebihan yang sudah ada di sektor publik kita, sekaligus sebagai wadah bertukar ide dan gagasan," ujarnya.

Sementara itu, Menteri Pendidikan dan Luar Negeri Singapura Mohamad Maliki Bin Osman menyampaikan kunjungan tersebut merupakan kedua kalinya ke Sumut untuk menjajaki kerja sama dengan daerah tersebut.

“Bukan kali pertama saya datang ke Medan, ini kali kedua, pertama tahun 2018. Selepas COVID-19 saya datang kemari untuk melihat apalagi potensi dan keadaan di Sumatera Utara ini. Tapi ini pertama kali saya ke Danau Toba," ujar Maliki.

Maliki mengatakan Provinsi Sumut mempunyai potensi besar dalam pengembangan pariwisata dan pengembangan berbagai produk ekspor, dan dia pun berharap kerja sama dengan Sumut bisa terus terjalin lebih baik, terlebih jarak keduanya yang cukup dekat.

“Saya rasa Sumatera Utara merupakan daerah yang memiliki potensi besar dari segi pengembangan wisata dan dari segi pengembangan produk ekspor. Di sini kita pun terus ingin bagaimana bisa kerja sama dengan pihak-pihak provinsi, terlebih-lebih lagi dengan Provinsi Sumatera Utara, karena jaraknya begitu dekat sekali dengan Singapura,” kata Maliki.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2023