Jakarta (ANTARA) - Liga basket pelajar Honda DBL with Kopi Good Day Indonesia 2023 akan kembali bergulir dengan menyasar 30 kota dan 22 provinsi di Indonesia mulai 21 Juli mendatang.

Acara pembukaan musim baru DBL Indonesia 2023 ditandai dengan aktivitas basket bareng Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo di Lapangan Plaza Kemenpora, Jumat.

"Kemenpora pada tahun ini menambahkan ke DBL untuk memberikan sertifikat resmi kepada seluruh juara. Ini kami harap dapat menjadi insentif dan dukungan kepada atlet muda untuk jenjang karir mereka berikutnya," kata Menpora Dito Ariotedjo kepada pewarta.

Menpora Dito Ariotedjo mengapresiasi kompetisi yang sudah terselenggara selama 19 tahun itu sebagai program yang telah membantu untuk pencarian bakat atlet-atlet basket yang dapat menjadi pemain tim nasional Indonesia ke depannya.

Baca juga: Azrul Ananda umumkan 12 pemain all-star DBL Camp 2023

"Kita sekali lagi sangat mengapresiasi sektor swasta disini mas Azrul Ananda (CEO DBL Indonesia) yang selama 19 tahun telah menginisiasi bergulirnya DBL ini, yang mana tahun ini diselenggarakan di 22 provinsi dari Aceh hingga Papua. Kami (pemerintah) terutama dari Kemenpora sangat berterima kasih karena acara ini sangat membantu untuk pencarian bakat atlet-atlet basket di seluruh Indonesia,"

Kompetisi DBL sendiri bakal dimulai di kota kelahiran DBL Indonesia, Surabaya. Nantinya, kompetisi yang bertitle Honda DBL with Kopi Good Day 2023 East Java Series – North Region itu digelar mulai 21 Juli hingga 2 September mendatang.
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo saat menjalani exhibition match dalam acara pembukaan DBL Indonesia di Lapangan Plaza Kemenpora, Jumat (14/7/2023) (ANTARA/FAJAR SATRIYO)

Dalam kesempatan itu, pendiri sekaligus CEO DBL Indonesia Azrul Ananda memperkenalkan perwakilan skuad DBL Indonesia All-Star 2023 yang baru tiba menjalani pelatihan NBA di Chicago.

Selama di Chicago, tim putri DBL Indonesia All-Star juga berhasil meraih juara di turnamen bernama Chicago Summer Jam.

"Tahun ini kompetisi kami (DBL Indonesia) akan menargetkan kompetisi seperti sebelum pandemi pesertanya sudah lebih dari 40.000 orang dari 30 kota dan 22 provinsi. Kita juga akan mengembangkan agar kompetisi ini bisa menuju seluruh Indonesia," kata Azrul Ananda.

Musim ini, DBL Indonesia juga berkolaborasi dengan Pond’s Indonesia dalam menyelenggarakan kompetisi basket 3x3 dengan tajuk Pond’s Men 3x3 Competition. Pertandingan basket 3x3 akan diselenggarakan bersamaan dengan pertandingan 5on5 di kota-kota.

Baca juga: KFC DBL Camp jadi ajang pembekalan pebasket muda
Baca juga: Tim Patriots Muda diharapkan cetak pebasket masa depan lewat DBL

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023