... tidak hanya pada sisi pembiayaan dan penjaminan dalam kegiatan ekspor saja, tetapi juga meliputi pembinaan dan pelatihan... "
Jakarta (ANTARA News) –  Pengembangan ekspor ke pasar tradisional dan non tradisional semakin ditingkatkan, mulai dari pembinaan hingga pemjaminan aktivitas ekspor pelaku usaha. 

Hal ini tindak lanjut penandatanganan nota kesepahaman antara Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan, Bank Mandiri, dan PT Asuransi Ekspor Indonesia (Persero) pada Oktober 2012.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan, Gusmardi Bustami, menyatakan, kerja sama ini upaya nyata pemerintah mendukung para pelaku ekspor dari sisi pembiayaan dan jaminan aktivitas ekspor.

"Cakupan kerja sama ini tidak hanya pada sisi pembiayaan dan penjaminan dalam kegiatan ekspor saja, tetapi juga meliputi pembinaan dan pelatihan secara sinergis dari masing-masing pihak," kata dia. 

Lebih lanjut, ruang lingkup perjanjian kerja sama ini meliputi pemberian layanan pembiayaan dan layanan jasa perdagangan, pembinaan eksportir, dan pertukaran data/informasi terkait dengan peluang ekspor di pasar tradisional dan non tradisional

Juga penyelenggaraan kegiatan promosi dalam dan luar negeri, penjaminan pembiayaan ekspor, dan penjaminan kepada eksportir yang mengalami risiko kerugian akibat gagal bayar oleh pembeli luar negeri. (*)

Pewarta: Ade P Marboen
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013