Kedua nelayan itu bernama Taufik Sau (36) dan Indra Ibrahim (23) dinyatakan hilang sekitar pukul 12.40 WITA di sekitar perairan Pulau Morotai.
Ternate, Malut (ANTARA) - Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate, Maluku Utara (Malut) menerjunkan personelnya untuk melakukan pencaharian terhadap dua orang nelayan dinyatakan hilang saat melaut di perairan Pulau Morotai, Jumat.

Kepala Basarnas Ternate Fathur Rahman ketika dihubungi di Ternate, Jumat (14/7) 2023  mengatakan kedua nelayan itu bernama Taufik Sau (36) dan Indra Ibrahim (23) dinyatakan hilang sekitar pukul 12.40 WITA di sekitar perairan Pulau Morotai.

Basarnas Ternate menerjunkan personel melalui Unit Siaga SAR Morotai untuk melakukan pencarian di sekitar hilangnya kedua nelayan tersebut, yang hilang sejak Kamis (13/7).

Ia menjelaskan kronologis kejadian itu, yakni pada Kamis (13/7) pukul 04.00 WIT, kedua nelayan itu pergi memancing menggunakan "longboat" di perairan Desa Bido, Pulau Morotai, namun sampai dengan saat ini korban belum juga kembali.

Saat melaut, kedua korban menggunakan longboat berwarna biru-kuning dengan panjang 4 meter menggunakan dua unit mesin PK.

Fathur mengatakan, sebelumnya, pihaknya juga melakukan pencarian terhadap seorang nelayan asal Desa Induk Bere-bere, Morotai Utara bernama Nyong Amir, yang dilaporkan belum kembali saat keluar melaut sejak Sabtu (8/7) pekan lalu.

Bahkan, pihaknya telah menyiagakan personel SAR Morotai setelah mendapat laporan nelayan hilang itu hilang di perairan Pulau Morotai.

Berdasarkan laporan, korban Nyong Amir saat melaut gunakan perahu fiber berwarna putih – biru dengan kaos warna hitam dan celana panjang abu-abu dan pukul 06.50 WIT, di mana lokasi kejadian perairan Morotai Utara dengan titik Koordinat 2°18'29.00"N/128°47'47.00"E.

Korban pergi melaut menuju rumpon tempat yang sering dikunjungi korban untuk memancing, namun hingga saat ini belum kembali sehingga pihak keluarga melaporkan ke Basarnas untuk meminta pencarian terhadap korban.

"Korban diketahui menggunakan kaos warna hitam dan celana panjang abu-abu dengan perahu fiber berwarna putih biru," demikian Fathur Rahman.

Baca juga: Basarnas temukan 4 penumpang longboat yang hilang di perairan Morotai

Baca juga: Basarnas Ternate cari nelayan hilang di perairan Morotai

Baca juga: Tim Basarnas temukan nenek 80 tahun meninggal di dalam hutan

Baca juga: Basarnas selamatkan nelayan Morotai yang dilaporkan hilang

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023