Jakarta (ANTARA) - Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta telah menjalin kerja sama dengan pihak Joslin Diabetes Center yang berpusat di Boston, Amerika Serikat guna meningkatkan layanan bagi penderita diabetes lewat Advance Diabetes Center (ADC).

“Hal ini sejalan dengan salah satu misi RSCM yaitu memberikan pelayanan kesehatan paripurna dan profesional berstandar internasional. Menurut Kementerian Kesehatan, sebanyak 10,9 persen penduduk Indonesia menderita diabetes, dan berisiko tinggi mengalami berbagai macam komplikasi, termasuk kardiovaskuler jika tidak ditangani dengan tepat,” kata Plt. Direktur Utama RSCM Lies Dina Liastuti dalam konferensi pers RSCM di Jakarta, Jumat.

Lies menuturkan rumah sakit memainkan peran penting, dalam mencegah komplikasi tersebut dengan memberikan layanan berkualitas tinggi kepada pasien.

Lewat kerja sama yang sudah terjalin sejak tahun 2022 lalu dengan Joslin Diabetes Center, layanan pada pasien diabetes diwujudkan melalui Program Penasehat dan Perawatan Klinis. Tujuan diadakannya kerja sama ini yaitu agar pihak Joslin dapat menyediakan keahlian teknis dan klinis, serta dukungan dan pengawasan berkelanjutan kepada tim yang menerapkan dan mengelola semua aspek kerjasama termasuk Diabetes Center of Excellence.

“Tim akan berusaha untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan,” katanya.

Dalam hal ini, RSCM membuka layanan ADC yang pertama di Indonesia. Dimana pada tahap awal kerja sama akan dilakukan penilaian, observasi, analisa, dan memberikan rekomendasi untuk mengembangkan Pusat Keunggulan Diabetes yang menyelenggarakan pelayanan yang terpusat dan terpadu, serta berkolaborasi dalam penyusunan pedoman dan standar perawatan untuk pasien diabetes di Indonesia.

Baca juga: Enam kebiasaan yang dapat menimbulkan risiko penyakit diabetes

Lies mengatakan tim Joslin Diabetes Center akan mengadakan kunjungan ke RSCM pada tanggal 14 sampai 17 Juli 2023 dan membahas mengenai teknis pelayanan kesehatan terhadap pasien diabetes secara holistik, mulai dari pemberian edukasi dan nutrisi terhadap pasien diabetes, pembedahan bariatrik, hingga utilisasi IT dan administrasi pelayanan.

Dengan adanya layanan Advanced Diabetes Center RSCM ini, Lies berharap RSCM mampu meningkatkan kualitas hidup pasien diabetes sekaligus menjadi pengampu bagi seluruh rumah sakit yang ada di Indonesia.

“Kementerian Kesehatan mengamanatkan rumah sakit kami untuk menjadi rujukan nasional dalam perawatan penyakit diabetes. Kerja sama ini akan memandu kami untuk mencapai mandat tersebut. Semoga setiap pasien yang berkunjung ke rumah sakit kami dapat merasakan pelayanan perawatan diabetes berstandar internasional,” ujar Lies.

Sebagai informasi, pada hari pertama kunjungan Joslin Diabetes Center di Jakarta, RSCM melangsungkan simposium yang menghadirkan Menteri Kesehatan, serta mengundang tim Joslin sebagai pembicara panel terkait bagaimana mengembangkan pelayanan diabetes yang paripurna.

Simposium ini juga mengundang 14 rumah sakit pengampu diabetes nasional, organisasi profesi, tenaga kesehatan, serta profesional yang bekerja di bidang manajemen pelayanan medis.

Baca juga: Kemenkes: Kasus obesitas di Indonesia melonjak dalam 10 tahun terakhir

Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023