Wapres berharap agar para penerima Baznas Microfinance Masjid dapat memanfaatkannya dengan baik untuk meningkatkan kesejahteraan masing-masing individu maupun jamaah lainnya di sekitar lingkungan masjid
Manokwari, Papua Barat (ANTARA) - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyerahkan bantuan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Microfinance Masjid di Masjid Agung Baitul Makmur, Wagom Selatan, Kabupaten Fakfak, Provinsi Papua Barat, Jumat (14/7) 2023.

"Saya harapkan bantuan produktif ini dapat menjadikan para jamaah masjid mampu memajukan ekonomi dan berperan dalam peningkatan kesejahteraan hidup para jemaah masjid," kata Wapres di Fakfak, Jumat.

Penyerahan bantuan dilakukan usai menunaikan ibadah Shalat Jumat di masjid tersebut, dengan nilai bantuan Rp100.000.000, yang diserahkan secara simbolis kepada 33 orang penerima.

Wapres mengucapkan terima kasih kepada Baznas yang telah membantu peran pemerintah untuk memberikan perlindungan sosial kepada masyarakat yang tergolong miskin, melalui dana zakat, infak, dan sedekah.

"Semoga semakin banyak masyarakat yang terbantu," katanya.

Wapres berharap agar para penerima Baznas Microfinance Masjid dapat memanfaatkannya dengan baik untuk meningkatkan kesejahteraan masing-masing individu maupun jamaah lainnya di sekitar lingkungan masjid. Salah satunya, melalui pemanfaatan bantuan untuk penguatan modal usaha berbasis masjid.

Sejalan dengan Wapres, Wakil Ketua Baznas, Moh. Mahdum menyampaikan, bahwa program bantuan ini merupakan upaya Baznas dalam rangka meningkatkan perekonomian jemaah.

Selain itu, Baznas juga ingin menjauhkan para jemaah masjid dari riba saat menjalankan usahanya agar mereka dapat tenang dalam menjalankan usaha.

Usai menyerahkan Bantuan BAZNAS Microfinance Masjid di Kabupaten Fakfak, Wapres beserta rombongan langsung melanjutkan agenda kunjungan kerja ke Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat.

Di Teluk Bintuni Wapres meresmikan Tugu Peradaban Islam Babo, Pabrik Makanan Kaleng Bio Bintuni, Masjid Miftahul Jannah Distrik Babo, Gereja Katolik Kristus terang Dunia-Tofoi, serta Gedung AIDS, Tuberculosis, dan Malaria Center.

Di sisi lain, sebagai bentuk perhatian yang dalam terhadap masyarakat Papua Barat, Wapres juga menyapa langsung dan berinteraksi dengan masyarakat setempat melalui konferensi video.

Setelahnya, agenda kunjungan dilanjutkan dengan prosesi penekanan tombol sirine sebagai tanda Groundbreaking Pembangunan Kawasan Industri Onar Bintuni dan peninjauan stan UMKM hasil produk masyarakat Teluk Bintuni.

Dalam keterangan persnya kepada awak media usai seluruh rangkaian acara di Bintuni, Wapres menyampaikan rasa bangganya akan hasil produk olahan yang dikelola oleh masyarakat Teluk Bintuni dan telah memberikan kontribusi pada pertumbuhan ekonomi.

“Saya melihat produk-produk yang sudah dihasilkan, makanan kalengnya ada ikan, kepiting, udang sudah diekspor juga. Dan ini merupakan suatu pertumbuhan ekonomi yang besar, tentu selain juga tenaga kerja masyarakat,” kata Wapres di Teluk Bintuni.

Usai rangkaian kegiatan di Fakfak dan Teluk Bintuni selesai, Wapres melanjutkan kunjungan ke Manokwari, Papua Barat, untuk bermalam.

Baca juga: Wapres gembira atas kerukunan antarumat beragama di Fakfak Papua Barat

Baca juga: Gubernur Papua Barat sambut kedatangan Wapres di Fakfak

Baca juga: Kodam maksimalkan pengamanan saat kunjungan Wapres di Manokwari

Baca juga: Wapres lanjutkan perjalanan dari Nabire ke Fakfak Papua Barat

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023