Bandung (ANTARA) - Gol dari sepakan bebas Ezra Walian sukses menyelamatkan Persib Bandung dari kekalahan atas Dewa United  di Liga 1 yang berakhir imbang 2-2 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung, Jumat malam.

Sebagai tuan rumah, Persib awalnya tertinggal dua gol dari Dewa United. Kedua gol itu diciptakan Ahmad Rusadi pada menit ke-35 dan Alex Martins di menit ke-59.

Sedangkan Persib baru bisa mengejar ketertinggalan di menit ke-63 melalui gol yang dicetak Rachmat Irianto dan di menit ke-92 melalui gol Ezra Walian.

Pada laga tersebut, klub berjuluk Maung Bandung tampil mengenakan kaos tim kandang berwarna biru. Sedangkan tim tamu mengenakan kaos tim berwarna coklat dengan dua garis hitam.

Sejak laga dimulai hingga menit ke-20, belum ada tim yang mampu membuka keunggulan. Laga berlangsung dengan alot karena kedua tim sama-sama mencari peluang meski belum berbuah gol.

Setelah berbagai upaya saling menyerang, Dewa United sebagai tim tamu justru menjadi tim yang membuka keunggulan lewat gol Ahmad Rusadi yang bermula dari sepakan pojok.

Ahmad Rusadi yang bergerak tanpa pengawalan berhasil mengonversi sepakan pojok Majed Osman menjadi gol setelah sundulannya tak mampu dicegah Teja Paku Alam.

Baca juga: Barito Putera puncaki klasemen usai tekuk PSS Sleman 3-1

Di babak kedua, Persib pun kembali tertinggal gol dari Dewa United yang tercipta di menit ke-58. Gol itu juga bermula dari sepakan pojok Egy Vikri yang kemudian berhasil dimanfaatkan oleh Alex Martins setelah bola lepas dari pengamanan Victor Igbonefo dan kawan-kawan di depan gawang Persib.

Usai tertinggal dua gol, Persib baru bisa mencetak gol pada menit ke-63. Rachmat Irianto berhasil menjebol gawang Sonny Stevens setelah memanfaatkan bola muntah dari sepakan bebas yang dilakukan Marc Klok. Meski begitu, Persib masih tertinggal satu gol dari Dewa United.

Di menit ke-67, Persib harus rela kehilangan satu pemainnya yakni Febri Haryadi yang mendapatkan kartu merah. Pemain bernomor punggung 13 itu diberi kartu kuning kedua usai menghadang Egy Vikri hingga terjatuh saat melancarkan serangan balik di garis sisi lapangan.

Setelah terpaksa bermain dengan 10 pemain, Dewa United beberapa kali melakukan penekanan ke pertahanan Persib. Namun Persib justru mendapatkan peluang dari sepakan bebas di dekat kotak penalti usai pelanggaran yang dilakukan pemain Dewa.

Ezra Walian yang maju sebagai algojo pun berhasil memaksimalkan peluang sepakan bebas itu di menit ke-92. Sepakan bola yang dilakukan Ezra itu tak mampu diantisipasi oleh Sonny, hingga berhasil menjebol sisi kiri gawang Dewa.

Hingga pertandingan berakhir, kubu tuan rumah berhasil selamat dari kekalahan. Dengan hasil tersebut, Persib harus rela mengawali tiga laga di musim ini dengan hasil imbang berturut-turut tanpa kemenangan.

Susunan pemain

Persib Bandung: Teja Paku Alam (PG), Nick Kuipers, Beckham Putra, Febri Haryadi, David Da Silva, Alberto Rodriguez, Marc Klok, Victor Igbonefo (C), Rahmat Irianto, Ciro Alves, dan Ryan Kurnia.

Cadangan: Fitrul Dwi Rustapa, I Putu Gede, Kakang Rudianto, Robi Darwis, Ezra Walian, Dedi Kusnandar, Ferdiansyah, Frets Butuan, Zalnando, dan Rezaldi Hehanussa.

Dewa United: Sonny Stevens (PG), Asep Berlian, Risto Mitrevski (C), Egy Maulana Vikri, Majed Osman, Ricki Kambuaya, Ady Setiawan, Alta Ballah, Alex Martins, Agung Mannan, dan Ahmad Rusadi.

Cadangan: M Natshir (PG), Moch Zaenuri, Theo Numberi, Nasir, Rangga Muslim, Ahmad Nufiandani, Ichsan Kurniawan, Dennis Dias, dan Septian Bagaskara.

Baca juga: Persija Jakarta berencana umumkan pemain asing keempatnya malam ini
Baca juga: PSM Makassar amankan tiga poin di kandang Persikabo 1973

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023