Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 5.500 peserta lebih siap mengikuti ajang lomba lari BNI-UI Half Marathon (BNI-UIHM) 2023 yang diselenggarakan di Kampus Universitas Indonesia (UI), Depok, Jawa Barat pada Minggu (16/7).

BNI-UIHM adalah persembahan dari Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) dan BNI dan pada tahun ini terdapat tiga kategori jarak race yang bisa diikuti yaitu 5K, 10K, dan 21k (half marathon) dengan start dan finis di Balai Sidang UI.

Peserta pada ajang lomba lari ini tidak hanya dari alumni UI, tapi juga masyarakat umum yang terdiri dari individu, komunitas, dan atlet.

“Dalam kesempatan ini saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Universitas Indonesia. Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada panitia, tetapi juga paling penting memberikan apresiasi setinggi-tingginya bagi para peserta,” kata Ketum ILUNI UI Didit Ratam saat mengikuti konferensi pers BNI-UIHM di Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan, Jumat.

BNI-UIHM ini sudah diselenggarakan sebanyak empat kali, dimulai dari 2017 dan saat ini memasuki penyelenggaraan tahun kelima.

Pada edisi tahun ini, ILUNI UI dan BNI mengusung tema “The Greenest & Most Sterile Route Half Marathon“ yang menyajikan pengalaman berlari di kawasan UI yang dikelilingi hutan dan juga bebas dari kendaraan.

Didit mengatakan terdapat perbedaan pada penyelenggaraan tahun ini dengan adanya kategori khusus atlet. ILUNI UI mengirimkan undangan kepada para atlet muda cabang atletik melalui Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI). Ada juga kategori khusus alumni UI dengan sepuluh orang peserta sebagai pemenang waktu tercepat.

Baca juga: Dito harap LPS Monas Half Marathon masuk klasifikasi internasional

Sementara itu, Ketua Panita BNI-UIHM Pitut Pramuji mengatakan persiapan BNI-UIHM sudah mencapai hampir 100 persen.

Sejak 12 Juli mulai pukul 10.00 WIB hingga 20.30 WIB para peserta juga telah mengambil race kit yang terdiri dari nomor BIB, jersey UIHM, berbagai merchandise dari sponsor, serta jersey finisher untuk kategori half marathon.

Pitut memaparkan untuk memenuhi kebutuhan peserta terkait kendaraan pihaknya sudah menyiapkan akomodasi berupa bus gratis dari BlueBird yang akan ditempatkan di tujuh titik seperti FX Sudirman, Citos, Bintaro Xchange, The Breeze BSD, Metropolitan Mall, Mall Taman Anggrek, Mall Kelapa Gading dengan penjemputan berangkat mulai pukul 02.15 WIB dan pengantaran pulang mulai pukul 10.00 WIB.

“Jangan lupa, kita ada BlueBird dan shuttle bus untuk membantu perjalanan dari beberapa titik,” kata Pitut.

Perlombaan akan dimulai pukul 05.00 WIB hingga 09.30 WIB. Sebagai ketua panitia, Pitut berharap acara ini dapat berjalan dengan lancar, aman, dan bisa memuaskan bagi seluruh peserta.

​​​​​​​Corporate Communication Director Danone Indonesia Arif Mujahidin menyatakan dukungannya terhadap penyelenggaraan kegiatan tersebut.

"Kami menaruh perhatian yang tinggi terhadap peningkatan kecukupan hidrasi dan kualitas kesehatan masyarakat serta terus berupaya menjalin berbagai kolaborasi dalam kampanye gaya hidup sehat. Sebagai bagian dari komitmen tersebut, menjadi sebuah kebanggaan bagi Danone-AQUA dapat bagian dari penyelenggaraan BNI-UI Half Marathon di tahun ini sebagai ofisial mineral water partner,” jelas Arif melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Sejalan dengan tema “The Greenest & Most Sterile Route Half Marathon”, Arif juga mengatakan komitmen perusahaan mengelola sampah kemasan plastik selama kegiatan dan memberikan edukasi seputar pengelolaan sampah melalui gerakan #BijakBerplastik.

Baca juga: Triyaningsih dorong atlet junior lampaui rekor lari marathonnya
​​​​​​​
Baca juga: Menpora Dito apresiasi acara BNI-UI half marathon 2023


Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023