Medan (ANTARA) - Legenda sepak bola Sumatera Utara Saktiawan Sinaga senang dengan terpilihnya Medan sebagai salah satu lokasi seleksi pemain untuk tim nasional U-17 yang akan berlaga di Piala Dunia U-17 2023.

"Saya sangat senang karena itu memberikan kesempatan bagi bakat-bakat Sumatera Utara, khususnya Medan, untuk menunjukkan kemampuan," ujar Saktiawan kepada ANTARA di Medan, Jumat.

Menurut penyerang timnas Indonesia di Piala AFF 2004 dan 2007 itu, Sumut tidak kekurangan talenta sepak bola berkualitas bagus. Namun, keberadaan mereka kerap belum tercium lantaran berbagai alasan.

Penyaringan pemain timnas U-17 itu pun diharapkannya menjadi wadah para pesepak bola belia Sumut unjuk gigi dan memperlihatkan kebolehan.

"Mudah-mudahan setidak-tidaknya ada satu pemain dari Sumut yang dapat tampil di Piala Dunia U-17 nanti," kata Saktiawan yang sepanjang kariernya mencatatkan 100 penampilan dan 30 gol untuk klub PSMS Medan.

Baca juga: Banten International Stadium didorong jadi tuan rumah Piala Dunia U-17

Medan menjadi satu dari 12 lokasi seleksi pemain timnas U-17 Indonesia selain Bandung, Palembang, Gianyar, Tangerang, Samarinda, Jakarta, Solo, Banjarmasin, Surabaya, Manado, dan Makassar.

Di Medan, seleksi akan digelar di Lapangan Universitas Sumatera Utara (USU) pada 29 Juli. Penyedia fasilitas untuk seleksi tersebut adalah klub Liga 2 Indonesia Sada Sumut FC.

PSSI menyatakan, ada sembilan syarat yang harus dipenuhi pemain agar dapat mengisi satu tempat di Piala Dunia U-17 2023 yang digelar di Indonesia pada 10 November-2 Desember.

Pertama, harus memenuhi periode kelahiran yakni Januari 2006-Desember 2007. Lalu kedua, memiliki mental tangguh yang ditunjukkan dengan kemampuan mengatasi tekanan.

Ketiga, bertinggi badan 170-185 centimeter dan keempat mempunyai kekuatan otot ideal sehingga dapat melakukan gerakan eksplosif. Kelima, menguasai beragam variasi teknik dan "skill" dalam mengolah bola.

Keenam, memiliki kemampuan kognitif yakni bisa membaca permainan, membuat keputusan, dan melakukan aksi cepat. Ketujuh, VO2Max wajib berada di angka rata-rata 60-65, dengan bek ada di kisaran 56-60, gelandang 63-67 serta penyerang 57-61.

Kedelapan, pemain tersebut mesti disiplin, berkeyakinan dan berkomitmen kuat. Terakhir, pemain tersebut wajib dapat melakukan gerakan ekstrem dalam kecepatan tinggi.

Baca juga: 126 pesepak bola muda ikut seleksi timnas U-17 di Jakabaring Palembang
Baca juga: Menpora dampingi Presiden tinjau seleksi timnas U-17 di Jawa Barat 


Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023