Kami akan menindaklanjuti-nya, terutama yang berimplikasi pada hukum. Itu yang menjadi prioritas utama
Jakarta (ANTARA) - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menyampaikan pihaknya siap untuk terus menindaklanjuti rekomendasi dan temuan dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) sebagai bagian upaya memperbaiki kinerja Kemendagri.

Tito, sebagaimana dikutip dari siaran pers, menyampaikan Kemendagri akan segera menindaklanjuti rekomendasi dan temuan BPK, terutama terkait hal-hal yang berimplikasi pada hukum, sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku.

"Kami akan menindaklanjuti-nya, terutama yang berimplikasi pada hukum. Itu yang menjadi prioritas utama,” kata dia saat menyampaikan sambutan dalam kegiatan Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Tahun 2022 di Kantor Pusat Kemendagri, Jakarta, Jumat.

Dalam kesempatan tersebut, BPK kembali memberikan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) atas laporan keuangan tahun 2022 pada Kementerian Dalam Negeri, Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), dan Program Penguatan Pemerintah dan Pembangunan Desa (P3PD).

Baca juga: Tito ingatkan pemda jaga stabilitas politik jelang Pemilu 2024

Baca juga: Kemendagri sebut kota cerdas jadi isu utama Annual Meeting ASCN


Berikutnya, Tito menambahkan opini WTP yang kesembilan kali diberikan kepada Kemendagri dan BNPP itu meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam memperbaiki kinerja.

"Dengan adanya opini WTP yang kesembilan kali berturut-turut ini diberikan kepada Kemendagri dan kepada BNPP, jujur itu membesarkan hati kami. Terima kasih banyak bapak dan ibu sekalian. Ini juga memberikan rasa percaya diri bagi kami untuk makin memperbaiki secara internal," ujar dia.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, anggota V BPK RI Ahmad Noor Supit mewakili pimpinan BPK menyampaikan apresiasi terhadap opini WTP yang diraih Kemendagri dan BNPP.

Ia berharap capaian tersebut dapat mendorong Kemendagri dan BNPP meningkatkan kualitas laporan keuangan-nya ke depan demi mencapai salah satu tujuan bernegara, yaitu memajukan kesejahteraan umum.

"Perolehan opini WTP atas laporan keuangan hendaknya juga disertai dengan upaya-upaya nyata dan terus menerus untuk mencapai tujuan bernegara, yaitu memajukan kesejahteraan," ujar Ahmad.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023