Jakarta (ANTARA) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menilai Pekan Olahraga Nasional Ke-16 Korps Pegawai Republik Indonesia (Pornas XVI KORPRI) menjadi platform penting untuk memupuk semangat kebersamaan dan persatuan di antara ASN dari berbagai instansi dan wilayah.
 
"Pornas KORPRI 2023 bukan hanya tentang kejuaraan, tetapi juga tentang semangat kebersamaan, persaudaraan, dan persatuan. Mari kita menghargai perbedaan, tetapi tetap bersatu dalam semangat untuk melayani bangsa dan negara dengan dedikasi yang tinggi," ujar Anas dalam keterangan resminya di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, ​​​​Pornas KORPRI tidak hanya menjadi momen yang istimewa untuk merayakan semangat olahraga. Sebab, melalui interaksi dan aktivitas olahraga, hubungan antara sesama ASN dapat dipererat dan jaringan kolaborasi yang akan bermanfaat bagi kemajuan pelayanan publik dapat diperluas.

Ia mengatakan bahwa pemerintah mengapresiasi olahraga sebagai sarana yang efektif untuk melakukan penelusuran bibit olahragawan berbakat yang berpotensi menciptakan prestasi olahraga di antara para pegawai.

Untuk selanjutnya dapat didukung dan dikembangkan dalam lingkup pembinaan olahraga prestasi di tingkat daerah, di tingkat nasional, atau bahkan di tingkat internasional.
 
Semangat fair play, kerja sama tim, dan kemampuan menghadapi tantangan dengan tekad yang kuat menjadi nilai-nilai dalam berbagai cabang olahraga yang bisa ditanamkan di berbagai aspek kehidupan, termasuk bagi diri ASN.

Seluruh peserta Pornas KORPRI 2023 adalah representasi dari kekuatan, dedikasi, dan keberagaman Indonesia.
 
Melalui olahraga, lanjut Anas, seluruh ASN dapat menunjukkan semangat yang tak tergoyahkan, semangat juang yang tinggi, dan semangat persatuan yang menjadi tonggak kebanggaan negara Indonesia.

Adapun dalam Pornas KORPRI 2023 ASN berkesempatan untuk menunjukkan bakat, semangat juang, dan sportivitas yang tinggi.
 
"Berlombalah dengan semangat fair play, dan jadikan setiap pertandingan sebagai pembelajaran untuk terus meningkatkan diri dalam menghadapi tantangan di dunia kerja," imbuhnya.
 
Menteri PANRB juga berharap Pornas KORPRI 2023 menjadi momen yang tidak hanya memberikan kenangan indah, tetapi juga mendorong ASN untuk terus berkomitmen dalam menjaga kesehatan, semangat olahraga, dan semangat kebersamaan.

"Selamat bertanding dengan tetap menjunjung tinggi sportivitas. Jaya KORPRI, Jaya Olahraga!" ucap mantan Bupati Banyuwangi ini.

Sementara itu, Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional (DPRN Korpri) Zudan Arif Fakrulloh bahwa Pornas KORPRI tahun ini mengusung tema "Jalin Kebersamaan, Raih Prestasi”.

"Yang ingin kita jaga adalah kebersamaan KORPRI. KORPRI bersama-sama, tetap profesional, dan tetap melanjutkan pembangunan," tegas Zudan.
 
Pornas XVI KORPRI 2023 digelar mulai 13 Juli hingga 23 Juli 2023 mendatang. Di tahun 2023 terdapat 101 kontingen dan kurang lebih 6.000 atlet ofisial dan pelatih yang terdaftar mengikuti ajang yang digelar dua tahunan ini.

Selain itu ada 10 cabang olahraga yang akan dipertandingkan dalam ajang Pornas KORPRI tahun ini.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023