Jakarta (ANTARA) -
Ragam peristiwa hukum mewarnai pemberitaan nasional Jumat (14/7) mulai dari KPK panggil Menhub Budi Karya Sumadi hingga Komjen Wahyu Widada dilantik sebagai Kabareskrim. Berikut lima peristiwa hukum menarik kemarin yang dirangkum ANTARA:

1. KPK panggil Menhub Budi Karya Sumadi

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sebagai saksi kasus dugaan suap di Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan terkait dengan pembangunan jalur kereta api di Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa-Sumatera pada tahun anggaran 2018-2022.

Budi akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Kepala Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Jawa Tengah Putu Sumarjaya.

"Pemeriksaan di Kantor KPK atas nama Budi Karya selaku Menteri Perhubungan Republik Indonesia," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat.

Selengkapnya klik di sini.


2. Bareskrim minta keterangan Lucky Hakim terkait Al Zaytun

Penyidik Direktorat Tindak Pidana Umum (Dittipidum) Bareskrim Polri, Jumat, memanggil Lucky Hakim, mantan Bupati Indramayu, Jawa Barat, untuk dimintai keterangannya sebagai saksi dalam penyidikan kasus dugaan penistaan agama oleh Panji Gumilang.

Pemanggilan ini dibenarkan oleh Lucky Hakim bahwa dirinya hari ini akan datang ke Bareskrim Polri untuk memenuhi panggilan penyidik.

"Betul (dipanggil), insyaallah saya hadir," kata Lucky kepada wartawan saat dihubungi di Jakarta, Jumat.

Selengkapnya klik di sini.


3. Polri beli pesawat bekas karena kebutuhan mendesak

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) membeli pesawat terbang (fixed wing) Boeing 737-800NG dengan registrasi P-7301 dalam kondisi tidak baru atau bekas karena kebutuhan mendesak.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Ahmad Ramadhan di Jakarta, Jumat, mengatakan bahwa pesawat terbang Boeing 737-800 NG P-7301 ini untuk transportasi pimpinan dan angkut double engine type Z.

Dijelaskan pula bahwa pesawat dengan kapasitas 134 tempat duduk tersebut dibeli dari perusahaan yang berkedudukan di Dublin, Irlandia dengan pagu anggaran sebesar Rp1 triliun.

Selengkapnya klik di sini.


4. KPK luncurkan kampanye "Hajar Serangan Fajar"

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) secara resmi meluncurkan kampanye "Hajar Serangan Fajar" untuk mengajak masyarakat menolak, menghindari, dan membentengi diri dari godaan politik uang dalam menghadapi pesta demokrasi Pemilihan Umum Tahun 2024.

"Kita hari ini melaksanakan salah satu program membuat kesadaran untuk pemilu 2024 yang bersih, zero dari politik uang, zero dari penyimpangan dan juga zero dari korupsi itu sendiri," kata Ketua KPK Firli Bahuri di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi (Anticorruption Learning Center/ACLC) KPK, Jakarta Selatan, Jumat.

Selengkapnya klik di sini.


5. Kapolri lantik Komjen Wahyu Widada sebagai Kabareskrim​​​​​​​

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo remsi melantik Komjen Pol. Wahyu Widada sebagai Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Kabareskrim) Polri menggantikan Komjen Pol. Agus Adriansyah.

Upacara serah terima jabatan dan pelantikan dilangsungkan di Rupamatan, Mabes Polri, Jumat.

“Pada hari ini Jumat 14 Juli 2023 dilaksanakan upacara pelantikan Kabareskrim dan serah terima jabatan pejabat utama Mabes Polri,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) DivHumas Polri Brigjen Pol. Ahmad Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta, Jumat.

Selengkapnya klik di sini.
 

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2023