Kediri (ANTARA) - Tim Persik Kediri siap mengamankan poin kemenangan saat menghadapi Arema FC dalam kompetisi Liga 1 Indonesia 2023/2024 yang diprediksi akan menyulitkan di Stadion Brawijaya Kediri, Jawa Timur, Sabtu.

"Kami berharap dapat menampilkan laga yang menarik, karena laga ini sulit. Kami tahu betapa pentingnya laga derby ini dalam kultur lokal dan laga ini serius," kata Pelatih Persik Kediri Marcelo Rospide di Kediri.

Marcelo mengatakan sangat serius dengan laga melawan Arema FC itu. Ia sudah menyiapkan rincian untuk dipelajari pemain agar siap melawan tim berjuluk Singo Edan itu.

Ia menegaskan timnya akan mempertahankan poin dari laga hari ini. Persik akan berusaha menang untuk bisa memperbaiki posisi menjadi lebih baik dalam klasemen sementara.

Menurut dia, Arema adalah tim yang bagus. Ia mempelajari pola permainan saat Arema tampil melawan Dewa United dan Persib Bandung.

"Arema saya nilai sebagai tim yang bagus. Saat lawan dengan Dewa dan Persib, mereka main bagus. Tentu ini yang harus kami waspadai. Mereka tentunya datang ke sini untuk dapatkan hasil bagus," ujar dia.

Pemain Persik Kediri Hamra Hehanusa mengatakan ia dan kawan-kawannya sudah melakukan persiapan untuk pertandingan ini.

"Kami sudah persiapkan diri dengan baik, mengikuti instruksi dari pelatih. Semoga laga ini, kami bisa mengambil hasil terbaik untuk Persik," kata Hamra.

Ia pun mengatakan, derby Jatim ini adalah pertandingan yang serius apalagi Persik menjadi tim tuan rumah. Hamra dan pemain Persik lainnya akan kerja keras demi mempertahankan poin dan bisa menang di kandang sendiri

"Karena ini laga kandang, melawan Arema, harus kerja keras memberi yang terbaik untuk Persik Kediri," kata dia.

Sementara itu, Pelatih Arema FC Joko Susilo memastikan kesiapan timnya melalui latihan di Kediri. Diharapkan, pertandingan ini akan berjalan menarik dan bagus.

"Persiapan lancar. Kami sempat latihan di Kediri, semua baik. Kami berharap laga berjalan menarik, bagus, dan tentu ingin hasil terbaik untuk laga," kata Joko.

Dalam pertandingan itu, Arema FC membawa 23 pemain termasuk pemain asing yang semuanya dalam kondisi siap.

Ia pun mengaku telah melakukan evaluasi dari pertandingan sebelumnya. Perbaikan terus dilakukan, apalagi Persik ingin menang di kandang sendiri.

"Kami perbaiki, evaluasi hasil laga secara normal untuk laga melawan Kediri. Motivasi Persik juga luar biasa saat main di home, pressing sudah bagus, pemain asing juga berkualitas. Meski ada tekanan untuk tim tamu, kami siap dengan itu," kata Joko.

Pemain Arema FC Hamdi Sula mengatakan ia dengan rekannya yang lain siap untuk mencuri poin di kandang Persik.

"Kami siap untuk laga. Semoga kami bisa menang. Yang jelas, tetap waspada semua lini," kata Hamdi.

Pertandingan Persik vs Arema FC mendapat pengawalan yang ketat dari 1.400 personel gabungan TNI/Polri, Satpol PP, dan dinas terkait di Kota Kediri. Penjagaan dilakukan seluruh titik, termasuk pintu masuk menuju Kediri, guna mengantisipasi kedatangan Aremania.

Hal itu dilakukan karena Aremania tidak diizinkan untuk menonton langsung ke Stadion Brawijaya, Kediri.

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023