Kita terus mengkampanyekan prilaku hidup bersih dengan terus mengajak warga membuang sampah pada tempatnya dan memanfaatkan sampah plastik menjadi berdaya guna
Manggar, Babel (ANTARA) - Bupati Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Burhanuddin mengajak warganya untuk mengendalikan sampah plastik, dengan mengurangi penggunaannya sebagai alat pembungkus makanan.

"Hindari kebiasaan membuang sampah sembarangan dan kurangi menggunakan plastik sekali pakai," katanya  dalam acara puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Pantai Nyiur Melambai Desa Lalang Kecamatan Manggar, Sabtu.

Ia menjelaskan, sampah plastik yang tidak dikendalikan dengan baik akan dapat merusak lingkungan karena sangat sulit diurai.

"Kita juga sudah menyiapkan ratusan tempat sampah di sejumlah titik keramaian, terutama di ruang-ruang publik sepertti pasar, objek wisata dan ruang terbuka hijau tempat berkumpul warga dalam melaksanakan berbagai kegiatan," ujarnya.

Bupati mengatakan, peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada 5 Juni 2023 tahun ini mengangkat tema "Kendalikan Plastikmu" dalam rangka mengajak masyarakat untuk memanfaatkan sampah plastik, membuangnya pada tempat tertentu atau memilahnya.

"Kita terus mengkampanyekan prilaku hidup bersih dengan terus mengajak warga membuang sampah pada tempatnya dan memanfaatkan sampah plastik menjadi berdaya guna," ujarnya.

Menurut dia, menjaga lingkungan tetap bersih itu sangat ditentukan oleh kesadaran masyarakat, prilaku dan budaya hidup bersih.

"Sekarangnya yang paling susah itu membangkitkan kesadaran masyarakat dalam membudayakan hidup bersih, maka kesadaran masyarakat itu yang harus dibangkitkan untuk bisa menciptakan lingkungan bersih," ujarnya.

Ia juga meminta kepada perusahaan dan juga kalangan aparatur sipil negara (ASN) untuk terus mengkampanyekan budaya hidu bersih di lingkungan kerja.

"Terus ajak dan imbau warga berprilaku hidup bersih, misalnya dengan memasang spanduk imbauan di berbagai tempat di lingkungan perusahaan dan tempat-tempat publik," ujarnya.

Baca juga: Polsek Jagakarsa kumpulkan dua truk sampah plastik dari Waduk Brigif
Baca juga: DLHK angkut 200 ton sampah plastik di kali pusat Kota Meulaboh Aceh
Baca juga: Pemkot Bogor menerima bantuan mesin penukar botol plastik


Pewarta: Ahmadi
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023