sebelumnya sudah mengeluarkan peringatan dini
Tanjung Selor (ANTARA) - Angin kencang disertai petir melanda Tanjung Selor, Bulungan, Sabtu (15/7/2023) petang dan menyebabkan sejumlah  fasilitas publik dan ruang ruang terbuka hijau mengalami kerusakan.

Angin kencang berlangsung pukul 18.00 hingga 18.25 WITA. Sejumlah masyarakat melaporkan pohon tumbang di beberapa titik, antara lain Jalan Agatis dan Jalan H. Maskur.

Kerusakan juga terjadi pada  Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di Kantor Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kaltimtara Cabang Tanjung Selor di Jalan Jelarai Raya, yakni kaca ruangan pecah berantakan.

Angin kencang juga dirasakan warga Kecamatan Tanjung Palas. Dari video kiriman warga, sejumlah bendera umbul-umbul yang terpasang di salah satu pusat kegiatan masyarakat di Jalan Kasimuddin, tampak tumbang.

BMKG Stasiun Tanjung Harapan, Tanjung Selor sebelumnya sudah mengeluarkan peringatan dini cuaca di wilayah Kaltara, yang berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga  lebat disertai kilat dan angin kencang.

“Waspada angin kencang pukul 17.30 WITA di Bulungan,” kata Prakirawan BMKG Tanjung Harapan, Khafidzo Rakhmah di Tanjung Selor, Sabtu.

Potensi angin kencang tersebut juga berlaku untuk daerah Kabupaten Tana Tidung dan Kota Tarakan.

“Kondisi diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 21.30 WITA,” ujar dia.

Selain kondisi di darat, BMKG juga mengingatkan potensi risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran perahu nelayan, kapal tongkang, kapal ferry, dan kapal ukuran besar seperti kargo dan pesiar.

Tinggi gelombang di perairan Kaltara, pada arah arah angin Tenggara ke Barat Daya diperkirakan 2 - 20 knots dengan tinggi gelombang 1,25 sampai 2,50 meter.
Baca juga: PLN pulihkan sistem kelistrikan Tanjung Selor Kaltara
Baca juga: Gempa magnitudo 5,1 guncang timur laut Tarakan Kaltara
Baca juga: Belajar kearifan lokal dari masyarakat Punan di rimba Kaltara


Pewarta: Muh. Arfan
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023