Jakarta (ANTARA) - Ilmuwan yang fokus pada makanan dan pakar keamanan Chika Ada Okegbe mengatakan saus tomat komersial yakni yang ditemukan di toko bahan makanan dapat disimpan dengan aman pada suhu ruangan tetapi dia tetap menyarankan untuk mendinginkannya setelah dibuka.

Menurut dia, seperti disiarkan The Real Simple awal Juli ini, setelah dibuka, saus mulai memburuk secara perlahan, dan pendinginan membantu memperlambat proses itu sehingga saus tetap segar dan beraroma lebih lama.

Sementara itu, saus tomat buatan sendiri harus selalu didinginkan, karena tidak mengandung sifat penstabil dan karenanya menjadi lebih cepat rusak daripada produk komersial.

Baca juga: Bahan makanan ini sebaiknya tidak masuk dalam kulkas

Menurut Okegbe, dalam kondisi belum dibuka, saus tomat dapat bertahan hingga satu tahun di dapur. Tetapi setelah dibuka dan didinginkan, idealnya harus dikonsumsi dalam waktu enam bulan.

Jika saus dibiarkan di dapur setelah dibuka, gunakan saus tomat dalam waktu satu bulan demi keamanan.

Di sisi lain, saus tomat buatan sendiri hanya bertahan sekitar seminggu di lemari pendingin dan tidak boleh disimpan di dapur.

Jadi, bagaimana bisa tahu jika saus tomat sudah rusak? Jika ada satu atau beberapa perubahan antara lain permukaan atau wadah berjamur, bau dan rasa asam, atau wadah kembung yang berarti tanda saus tomat telah terfermentasi dan tidak boleh dikonsumsi.

Baca juga: Saus tomat, dari mana asal muasal sebenarnya?

Baca juga: Nasi goreng keju tomat bisa jadi pilihan sarapan Anda

Baca juga: Dapatkan 10 manfaat konsumsi jus tomat rutin tiap hari

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023