Saya yakin dampaknya akan meningkatkan minat kunjungan wisatawan ke Gorontalo.
Gorontalo (ANTARA) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo meyakini kegiatan Discover Gorontalo 2023 berdampak besar pada kunjungan pariwisata di daerah ini.

"Saya hadir di malam penyelenggaraan Discover Gorontalo yang masih berlangsung di Hotel Borobudur Jakarta. Kegiatan ini tidak hanya menyedot perhatian masyarakat Gorontalo yang ada di Jakarta. Namun juga masyarakat Nusantara dan mancanegara yang datang dan menginap di Hotel Borobudur," kata Anggota Komisi II DPRD Gorontalo Utara Dedy Dunggio, di Gorontalo, Sabtu.

Ia mengaku sangat terkesima dengan penyelenggaraan promosi pariwisata dan ekonomi kreatif bertajuk "Discover Gorontalo 2023" tersebut.

"Penataan promosi yang ditampilkan sangat apik. Saya yakin dampaknya akan meningkatkan minat kunjungan wisatawan ke Gorontalo," kata Dedy.

Kegiatan itu diharapkan dimanfaatkan pemerintah daerah termasuk Kabupaten Gorontalo Utara dengan meningkatkan kesiapan daerah menyambut kunjungan wisatawan yang potensial ikut meningkat signifikan.

"Kami (DPRD) berharap pemerintah daerah termotivasi untuk lebih berani mengalokasikan anggaran membangun infrastruktur di sektor pariwisata. Bahkan memungkinkan membangun hotel maupun fasilitas yang diperlukan bagi wisatawan agar saat berkunjung, mereka memilih lama tinggal untuk menikmati keindahan pariwisata yang kita miliki," katanya lagi.

Mendorong pelaku usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) untuk ikut memanfaatkan peluang besar di sektor pariwisata pun harus dilakukan.

"Discover Gorontalo 2023 memantik semangat pemerintah daerah untuk meningkatkan sektor pariwisata daerah. Kita punya sumber daya alam, sehingga tidak perlu ragu mengelola. Kelola dengan tepat untuk kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat ," kata Dedy pula.

Promosi pariwisata dan ekonomi kreatif "Discover Gorontalo 2023" merupakan hasil kolaborasi Pemerintah Provinsi Gorontalo dan Dekranasda Provinsi Gorontalo bersama Hotel Borobudur.

Discover Gorontalo berlangsung hingga 30 Juli 2023, menjadi ruang promosi pariwisata dan ekonomi kreatif, promosi kebudayaan, peluang kerja sama investasi, serta pemberdayaan UMKM.
Baca juga: Menparekraf optimistis pariwisata Gorontalo maju dengan potensi unggul
Baca juga: Dispar Gorontalo ajak Pemprov di Sulawesi kembangkan pariwisata

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023