Mexico City (ANTARA) - Jurnalis Meksiko, Nelson Matus, tewas dibunuh pada Sabtu (16/7) di kota pantai wisata Acapulco di negara bagian barat daya Guerrero, demikian dilaporkan media lokal.

Matus yang merupakan direktur media lokal Lo Real de Guerrero itu ditembak ketika sedang berada di mobilnya di tempat parkir sebuah toko, menurut koran Meksiko El Universal.

Serangan itu terjadi pada pukul 15.00 waktu setempat di lingkungan Emilio Zapata di utara Acapulco, menurut koran Meksiko lainnya, Reforma.

Reforma menambahkan bahwa sebelumnya, Matus berhasil selamat dari dua percobaan pembunuhan di tahun 2017 dan 2019, seperti dilaporkan oleh media lokal.

Tewasnya Matus terjadi seminggu setelah mayat Luis Martin Sanchez, jurnalis koran La Jornada, ditemukan setelah dinyatakan hilang di daerah Nayarit.

Kantor jaksa penuntut umum Guerrero tidak memberikan tanggapan segera ketika diminta keterangan.

Sementara itu, di Meksiko, penyelidikan mengenai korupsi, kejahatan dan kartel obat terlarang seringkali berisiko tinggi. Meksiko merupakan negara paling mematikan untuk jurnalis, menurut pengawas media Reporters Without Borders.

Sumber: Reuters
Baca juga: UNESCO: Jumlah jurnalis terbunuh pada 2022 naik 50 persen
Baca juga: Reporter kriminal Meksiko tewas, tambah jumlah kematian jurnalis
Baca juga: Presiden Meksiko: Blinken 'salah informasi' soal pembunuhan jurnalis

 

Penerjemah: Arie Novarina
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023