Gianyar, Bali (ANTARA) - Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyebut Provinsi Bali memecahkan rekor jumlah peserta seleksi untuk pemain tim nasional Indonesia U-17 yaitu mencapai 947 orang.

“Ayo berikan yang terbaik buat diri sendiri dan buat Garuda,” kata Erick ketika bertatap muka dengan peserta seleksi pemain timnas U-17 di Kabupaten Gianyar, Bali, Minggu.

Proses seleksi dipusatkan di Pemusatan Latihan Klub Bali United di Pantai Purnama, Kabupaten Gianyar, 15-16 Juli. 

Tak hanya dari Bali, para peserta seleksi juga berasal dari sejumlah kota di Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, dan Maluku.

Bali menjadi tempat ketiga dari 12 daerah di Tanah Air yang akan menggelar seleksi pemain timnas U-17. Sebelumnya, seleksi sudah digelar di Bandung dan Palembang masing-masing dengan 187 peserta dan 147 peserta.

Dari Bandung terpilih empat pemain muda dan dari Palembang ada dua pemain.

Sedangkan di Bali, diperkirakan persaingan makin ketat dan jumlah peserta yang terpilih dimungkinkan lebih banyak dibanding dua kota sebelumnya.

Peserta yang lolos seleksi akan bergabung dalam pemusatan latihan timnas U-17 di Jakarta pada Agustus.

“Nanti di Jakarta akan diseleksi ulang untuk dikirim ke Jerman,” kata Erick seraya menambahkan latihan di Jerman berlangsung sekitar 1,5 hingga dua bulan.

Baca juga: Tim seleksi timnas U-17 incar pemain dengan pemahaman taktik yang baik

Sementara itu, Ketua Tim Seleksi Pemain U-17 Indra Sjafri masih belum membeberkan jumlah peserta dari Bali yang akan dikirim ke Jakarta.

“Belum tahu berapa jumlahnya karena kami perlu melihat kualitas mereka,” kata mantan pelatih Bali United itu.

Salah satu poin utama penilaian dalam mencari bibit pemain muda itu adalah kemampuan taktikal para peserta baik secara individu, grup, dan dalam tim.

Ada pun syarat dalam seleksi itu adalah pemain kelahiran 1 Januari 2006-31 Desember 2007.

Sementara itu, peserta mengaku antusias mengikuti proses seleksi dengan melakukan berbagai persiapan, di antaranya kesiapan fisik dengan lari maupun olahraga di pusat kebugaran.

“Saya hobi sepak bola sekaligus ingin membangun bakat. Siapa tahu dipanggil masuk timnas,” kata salah satu peserta asal Bima, NTB, BinYohanes Mawa.

Peserta lain I Putu Kevin dari Denpasar juga mengantongi bekal latihan fisik dan mental setelah sebelumnya bergabung dalam pembinaan Bali United Youth.

“Saya ingin naik kelas masuk timnas U-17 karena ini sudah menjadi bakat dan hobi saya, “ kata pelajar SMAN 2 Denpasar itu.

Sebelumnya, dua pemain binaan di Bali United Youth yakni Andre Pangestu dan Komang Ananta sudah dipanggil menjalani seleksi di Jakarta.

Baca juga: 126 pesepak bola muda ikut seleksi timnas U-17 di Jakabaring Palembang
Baca juga: 33 pemain timnas U-17 jalani latihan jelang seleksi Piala Dunia U-17


Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023