Jakarta (ANTARA) - Partai Golkar mengirimkan tiga utusan untuk menghadiri apel siaga perubahan Partai NasDem di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu.

"Kehadiran Partai Golkar pada acara ini tentu sebagai bentuk penghargaan kami, atas undangan yang diterima dari Partai Nasdem," kata Ketua DPP Partai Golkar Christina Aryani dalam keterangan tertulis di Jakarta.

Dalam kegiatan internal NasDem itu, Golkar mengirimkan tiga utusan yakni Christina Aryani, Rizal Mallarangeng dan Supriansa.

"Pak Surya Paloh yang pernah lama di Partai Golkar, kurang lebih 42 tahun," ujarnya.

Anggota Komisi I DPR itu menjelaskan kehadiran perwakilan Golkar sebagai bentuk persahabatan dengan Partai Nasdem, seperti halnya dengan partai-partai politik lain.

"Bagi Partai Golkar silaturahmi dan persahabatan antar partai politik sangat penting, sebagai bagian pembelajaran bagi seluruh masyarakat," katanya menegaskan.

Menurut dia, politik harus dijalankan dengan riang gembira dan tidak saling bermusuhan apalagi menciptakan perpecahan.

Saat ini Partai Golkar bersama PAN dan PPP membentuk Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Sementara NasDem, PKS dan Demokrat membentuk koalisi perubahan untuk persatuan (KPP).

Apel siaga perubahan Partai NasDem diikuti ratusan ribu kader partai se-Indonesia. Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan bakal calon presiden koalisi perubahan untuk persatuan (KPP) Anies Baswedan turut menyampaikan orasi politik.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai NasDem sekaligus ketua panitia Ahmad Ali mengatakan kegiatan itu merupakan konsolidasi internal, sehingga pihaknya membatasi peserta dari luar Partai NasDem.

"Kegiatan ini adalah konsolidasi internal partai Nasdem, konsolidasi ini diperuntukkan bagi internal partai Nasdem. Para Ketua Umum partai politik koalisi hadir sebagai undangan maksimal lima orang setiap partai," jelasnya.

Baca juga: Bamsoet akan calonkan jadi Ketua Umum Partai Golkar pada Munas 2024

Baca juga: Airlangga: Kalau minat jadi Ketum Golkar tunggu Munas 2024

Pewarta: Fauzi
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023