Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (Bapomi) pusat menyiapkan sejumlah atlet yang berprestasi dalam Pekan Olahraga Provinsi (Pemprov) hingga Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) menuju ke ASEAN University Games 2024.

Kabid Kerja Sama Bapomi pusat Dr Mu’arifin mengatakan, sebelum Pomnas maka Pekan Olahraga Provinsi (Pomprov) Jatim II yang digelar di Kabupaten Jember merupakan media meningkatkan prestasi atlet di Jatim dengan menjadi wahana mengukur prestasi setelah berlatih dalam waktu yang lama.

"Sehingga nantinya mampu menghasilkan output atlet mahasiswa unggul dan berkualitas untuk mewakili Jawa Timur di tingkat Pomnas dan mewakili Indonesia di ASEAN University Games (AUG) 2024," katanya di Kabupaten Jember, Minggu.

Pomprov Jatim yang digelar pada 15-22 Juli 2023 di Kabupaten Jember mempertandingkan 19 cabang olahraga dengan 166 nomor dengan jumlah peserta mencapai 3.259 atlet mahasiswa dari 106 perguruan tinggi di seluruh Jawa Timur.

"ASEAN University Games nanti bakal digelar di Indonesia dengan tuan rumah Jawa Timur yakni Surabaya dan Malang," tuturnya.

Ia menjelaskan pekan olahraga mahasiswa itu diharapkan melahirkan talenta olahraga di kalangan mahasiswa yang bisa diunggulkan untuk merebut medali di ajang kompetisi olahraga tingkat ASEAN.

"Jatim sebagai tuan rumah harus menjadi unggulan nanti karena Pomprov Jatim kali ini sebagai jalan menuju tiga kesuksesan atau yang disebut tri-sukses yakni sukses prestasinya, sukses akademisinya, juga sukses profesinya," katanya.

Sebelum sampai ke ASEAN University Games, lanjut dia, proyeksi terdekat Pomprov itu sebagai persiapan dan pemantapan atlet menuju Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional atau Pomnas XVIII yang akan diselenggarakan di Kalimantan Selatan pada Oktober 2023.

"Jawa Timur akan menjadi tuan rumah pekan olahraga mahasiswa ASEAN, sehingga kami berharap para atlet mahasiswa akan memanfaatkan momentum Pomprov Jatim II sebaik mungkin agar dapat menjadi delegasi tingkat nasional hingga internasional," ujarnya.

Baca juga: Ubaya terpilih jadi tempat penyelenggara AUG 2024
Baca juga: Mahasiswa Indonesia boyong 44 emas pada Asean University Games

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023