Jakarta (ANTARA News) - Kontingen Indonesia untuk sementara menduduki peringkat kedua dalam klasemen pengumpulan medali pada pesta olahraga mahasiswa se-ASEAN (Asean University Games/AUG) ke-18 2016 di Singapura, Minggu.

Hingga hari ke delapan AUG 2016, Indonesia telah mengantongi 29 medali emas, 37 perak dan 20 perunggu, sementara Thailand di urutan teratas dengan 36 emas 25 perak dan 24 perunggu.

Urutan umum ketiga sementara ditempati Vietnam 19 emas, tujuh perak dan delapan perunggu, disusul Malaysia 16 emas, 24 perak dan 20 perunggu.

Seperti dikutip situs resmi panitia AUG 2016 yang dipantau di Jakarta, Minggu, pertandingan masih akan berlangsung hingga Senin (18/7), sedangkan upacara penutupan dijadwalkan Selasa (19/7).

AUG 2016 diikuti atlet mahasiswa dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara yakni Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura, Filipina, Laos, Kamboja, Vietnam, Timor Leste, Brunei Darussalam dan Myammar.

Indonesia pada ajang ini mengirim 126 atlet yang mengikuti 12 cabang olahraga yakni renang, menembak, polo air, pencak silat, dayung, bulu tangkis, bola voli, anggar, pentaque, panahan, atletik dan bola basket.

Medali emas yang sudah diraih Indonesia antara lain dari cabang renang melalui Triady Fauzi di 100m kupu-kupu dan 50m bebas putra, serta Dewi Ressa pada nomor 200m ganti putri.

Pada cabang atletik emas Indonesia antara lain diraih Nova Emilia di nomor lari gawang 100m putri dan Andria di 400m gawang putra.

Indonesia juga banyak mendapat medali emas melalui cabang pencak silat.

Hingga berita ini diturunkan masih berlangsung pertandingan-pertandingan final lainnya seperti di cabang bola basket, panahan, atletik, dayung dan bulu tangkis.

Pada AUG sebelumnya di Palembang tahun 2014, Indonesia berhasil menjadi juara umum.

Pewarta: Teguh Handoko
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016