kami telah lakukan persiapan skema pemulangan jamaah haji
Manado (ANTARA) - Kementerian Agama (Kemenag) melakukan persiapan pemulangan jamaah haji dari Arab Saudi ke kabupaten dan kota di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Kami telah lakukan persiapan skema pemulangan jamaah haji dan pendistribusian air zamzam untuk jamaah haji Sulawesi Utara bersama seluruh Kepala Kemenag Kabupaten/Kota di Sulut," kata Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Utara H Sarbin Sehe, dalam rapat secara daring, di Manado, Minggu.

Dia mengatakan hasil keputusan rapat menetapkan bahwa jamaah haji Sulawesi Utara dijemput oleh Gubernur Sulawesi Utara atau yang mewakili bersama Kakanwil di Embarkasi Balikpapan.

Dia mengatakan PPIH Sulut pastikan agar Gubernur Sulut atau yang mewakili bisa ikut menjemput jamaah haji di Balikpapan.

Baca juga: Kemenag: Debarkasi Padang perdana sambut kedatangan jamaah haji
Baca juga: AP II pastikan fasilitas bandara dalam kondisi baik sambut jamaah haji


Ketika tiba di Bandara Sam Ratulangi Manado, katanya, jamaah haji langsung dijemput oleh Kepala Kemenag kabupaten/kota dan keluarga masing-masing.

"Saya minta kepada semua kepala Kemenag kabupaten/kota untuk membuat persiapan yang matang, untuk menjemput jamaah haji," katanya.

Dia bekerja sama dengan pemkab dan pemkot dan keluarga jamaah untuk penjemputan jamaah di Bandara Sam Ratulangi dan langsung diantar ke keluarga masing-masing.

Kakanwil menambahkan bahwa untuk jamaah haji asal kepulauan seperti Sangihe dan Talaud, jika belum ada transportasi ke pulau bisa menginap dulu di Wisma Haji Manado.

Terkait air zamzam, katanya, akan tiba hari ini di Bandara Sam Ratulangi Manado dan dijemput oleh PPIH Sulut serta langsung diambil oleh PPIH masing-masing Kemenag kabupaten dan kota.

Selanjutnya akan diserahkan langsung kepada jamaah sehingga bisa dinikmati jamaah bersama keluarganya.

Baca juga: Kemenag bakal berikan sertifikat haji bagi peserta haji tahun ini
Baca juga: Sebanyak 11 peserta haji sakit dievakuasi dari Mekah ke Madinah
Baca juga: Otoritas layanan Haji Madinah apresiasi petugas haji Indonesia


Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023