Beliau ini kan bekas Ketua Kadin (Kamar Dagang dan Industri) dan beliau juga tahu mapping persaingannya.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menginginkan agar Wakil Menteri (Wamen) BUMN yang baru dilantik, Rosan Roeslani, membawa BUMN mampu bersaing secara global sejalan dengan pengalaman Rosan pernah menjadi Ketua Kadin dan Duta Besar RI untuk Amerika Serikat.

“Beliau ini kan bekas Ketua Kadin (Kamar Dagang dan Industri) dan beliau juga tahu mapping persaingannya dan juga bekas duta besar di Amerika,” kata Erick, setelah Pelantikan Menteri, Wakil Menteri, dan Anggota Wantimpres Sisa Masa Jabatan 2019-2024, di Istana Negara, Jakarta, Senin.

Selain persaingan global, Erick juga berharap Rosan mendorong enterpreneurship di kalangan BUMN.

Rosan pada Senin ini dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Wakil Menteri BUMN menggantikan Pahala Mansury yang bergeser menjadi Wakil Menteri Luar Negeri.

Erick berharap Pahala dapat memperkuat sinergi antara Kementerian Luar Negeri dan Kementerian BUMN dalam merealisasikan kebijakan-kebijakan nasional.

Ia mencontohkan Pahala, sebagai Wamenlu dapat berperan untuk mengupayakan ketersediaan pasokan pupuk dari negara lain ke Indonesia di tengah tekanan rantai pasok.

“Keberadaan Pak Pahala ini bisa menjadi kekuatan baru untuk kita melihat supply chain di negara lain, secara saling menguntungkan ya, jadi bukan kita menekan tapi saling menguntungkan,” ujarnya lagi.

Lebih lanjut, Erick mengatakan pergeseran Pahala ke Kemenlu merupakan indikasi kepercayaan Presiden Jokowi terhadap talenta BUMN.

Selain Pahala, Erick juga mengacu kepada penunjukan Nezar Patria, mantan Staf Khusus Menteri BUMN, yang menjadi Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamen Kominfo) mendampingi Menkominfo Budi Arie Setiadi.

“Saya sangat senang dan tentu kembali terlepas kita sudah membuktikan talenta BUMN banyak yang baik, tetapi kita juga tidak mau jumawa ketika kita tidak membangun juga yang namanya perbaikan yang ada di BUMN,” ujarnya lagi.

Beberapa talenta-talenta BUMN lainnya yang mendapat penugasan penting dari Presiden Jokowi, antara lain Arief Prasetyo Adi, mantan Dirut PT RNI yang kini menjadi Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), dan Budi Sadikin, mantan Wakil Menteri BUMN yang kini menjadi Menteri Kesehatan.

Dalam pelantikan Senin ini, selain mengangkat Rosan, Nezar, dan Pahala sebagai wamen, Presiden Jokowi juga mengangkat Paiman Raharjo sebagai Wamen Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT), dan Saiful Rahmat menjadi Wakil Menteri Agama.
Baca juga: Erick Thohir: Wamen Rosan Roeslani siap lanjutkan transformasi BUMN

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023