Beijing (ANTARA) - China National Nuclear Corporation (CNNC) menyatakan bahwa negara itu telah mengekspor unit pembangkit nuklir baru ke Pakistan.

Peletakan batu pertama untuk Unit 5 dari Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Chashma (C-5) belum lama ini telah dilakukan, menandai tonggak baru dalam kerja sama energi nuklir antara China dan Pakistan.

Ini adalah unit kelas 1 juta kilowatt ketiga dari Hualong Satu, teknologi tenaga nuklir generasi ketiga yang dikembangkan sendiri oleh China, sekaligus unit tenaga nuklir ketujuh yang diekspor dari China ke Pakistan.

Dikatakan oleh CNNC bahwa pihaknya telah membangun dua pangkalan tenaga nuklir di Pakistan dengan total enam unit pembangkit nuklir, yang dapat menyediakan hampir 30 miliar kWh listrik bersih setiap tahun, setara dengan pengurangan emisi karbon dioksida sebesar 24,48 juta ton per tahun.

Pembangunan proyek C-5 akan semakin meningkatkan ketahanan energi Pakistan, membantu mendorong pembangunan ekonomi Pakistan, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat, kata CNNC.

Pada upacara peletakan batu pertama, China dan Pakistan mencapai konsensus untuk meningkatkan kolaborasi di seluruh rantai industri dan mencapai manfaat serta keuntungan bersama.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023