Sorong (ANTARA) - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin memberikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya atas upaya dan kerja keras yang telah melaksanakan persiapan penyelenggaraan pemerintahan dengan membentuk sekretariat daerah, sekretariat DPRD, Majelis Rakyat Papua (MRP), dan dinas atau badan daerah.

Hal itu disampaikan Wapres dalam acara Peletakan Batu Pertama Pembangunan Pusat Perkantoran Provinsi Papua Barat Daya di Stadion Womnik, Kilometer 16, Kota Sorong, Senin.

"Saya memberikan apresiasi kepada Pj. Gubernur Papua Barat Daya yang walaupun baru 7 bulan, tetapi sudah melakukan persiapan- persiapan. Sudah jalan semua kan ya di sini,” jelas Wapres.

Pemerintah pusat, kata dia, selalu hadir di setiap wilayah daerah otonomi baru (DOB) di Papua untuk melihat secara langsung proses percepatan pembangunan sekaligus menjaring aspirasi yang nantinya menjadi bahan pertimbangan dan diprioritaskan pada pengambilan kebijakan ke depan.

Baca juga: Wapres: Pembangunan di Tanah Papua pasti untuk orang asli Papua
Baca juga: Wapres: Pemerintah komitmen majukan Kabupaten Fakfak Papua Barat


"Setiap DOB, khususnya Papua Barat Daya harus menyiapkan segala kebutuhan daripada penyelenggaraan pemerintahan sehingga substansi dari kehadiran pemerintah cepat berjalan," terang Wapres.

Provinsi Papua Barat Daya merupakan empat dari DOB di Papua yang telah melaksanakan tahapan itu dengan cepat karena dalam hitungan bulan telah membentuk struktur pemerintahan.

“Tinggal nanti dipercepat pembangunannya supaya pemerintahannya berjalan efektif ke depan,” kata Wapres.

Dalam arahannya, Wapres meminta para pemangku kepentingan di Papua Barat Daya aga lebih memperhatikan hal yang diprioritaskan untuk pembangunan di Papua Barat Daya.

Melalui upaya itu, katanya, Papua Barat Daya mengalami kemajuan untuk mewujudkan visi Papua Cerdas, Papua Sehat, Papua Sejahtera, dan Papua Berintegritas.

“Mari kita bekerja dengan baik untuk Papua yang cerdas, Papua yang sehat, Papua yang sejahtera, dan berintegritas. Itu harapan saya,” pungkas Wapres.

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023