untuk memberikan pengenalan mengenai batik Betawi dengan pola ondel-ondel, bambu apus, serta banyak mengeksplorasi kembang kelapa
Jakarta (ANTARA) -
Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta menyelenggarakan pelatihan pembuatan batik Betawi bagi pelaku usaha binaannya di  Gedung Tempat Kumpul Kreatif (TKK) Kelurahan/Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur.
 
Pelatihan melibatkan peserta pelaku usaha di bidang  fesyen dan kriya berlangsung sejak 11 Juli hingga 25 Juli 2023 mengundang dua perajin dari Batik Komar sebagai instruktur.
 
Pengelola Batik Betawi Hub Jakarta Timur Rizkyka Saraswati di Jakarta, Senin, mengatakan pelatihan ini untuk memberikan pengenalan mengenai batik Betawi dengan pola ondel-ondel, bambu apus, serta banyak mengeksplorasi kembang kelapa.
 
"Para peserta sebelumnya memiliki usaha kerajinan tangan dan fesyen. Karena tidak ada batasan umur, maka ada  peserta  yang sudah berusia 72 tahun tapi masih energik," ujarnya.
 
Pelatihan yang digelar setiap hari kerja memberikan pengetahuan dasar batik tulis. Mulai dari belajar pola gambar, belajar menggunakan canting, teknik mewarnai, menyolek, hingga merebus kain.
 
"Kita harapkan peserta serius untuk menjadi wirausaha dan mengembangkan batik Betawi. Tentunya juga mereka bisa mampu produksi baju batik, masker, tas jinjing (tote bag) dan lainnya," kata Rizkyka.
 
Salah seorang peserta, Juliana Wilmintje de Fretes (72) mengaku tidak ada kesulitan dalam pelatihan membatik ini karena mentornya sangat piawai dan penuh kesabaran. Kepiawaiannya itu membuat peserta mampu menerapkan pelajaran dengan cepat.
 
"Saya sangat bersyukur karena batik Betawi masih bisa dikembangkan dan Batik Betawi jangan sampai hilang. Indonesia ini mempunyai banyak ragam batik," ujar Juliana.
Baca juga: Batik Betawi ELEMWE dipamerkan di rangkaian G20
Baca juga: Pasar Seni Ancol ajak telusuri indahnya Batik Betawi secara daring
Baca juga: Hari Batik diharapkan tingkatkan penggunaan batik Betawi

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023