Kami imbau agar ASN di Kepulauan Seribu membiasakan hidup sederhana dan tidak bergaya hidup mewah
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar pendidikan antikorupsi di enam wilayah kabupaten/kota guna mencegah penyalahgunaan wewenang dan perbuatan curang Aparatur Sipil Negara (ASN).

Bupati Kepulauan Seribu Junaedi  mengatakan kegiatan itu juga di selenggarakan di Kepulauan Seribu dengan tajuk "Bimbingan Teknis Keluarga Berintegritas Tahun 2023" melibatkan sebanyak 100 ASN.

"Kami imbau agar ASN di Kepulauan Seribu membiasakan hidup sederhana dan tidak bergaya hidup mewah, mensyukuri apa yang dimiliki saat ini, serta menghindari berbuat kecurangan atau korupsi seperti penyalahgunaan wewenang dan mengambil sesuatu yang bukan haknya,” kata Junaedi dalam arahannya di Gedung Mitra Praja, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin.

Menurut Junaedi kegiatan pendidikan antikorupsi cukup efektif dalam mendukung terciptanya tata pemerintahan yang baik di Kabupaten Kepulauan Seribu.

Pemprov DKI Jakarta melalui Inspektorat Wilayah Provinsi DKI Jakarta turut menggandeng narasumber dari KPK RI David Sepriwasa, hingga motivator antikorupsi lainnya ke Gedung Mitra Praja.

Narasumber tersebut mengajak para ASN Kepulauan Seribu untuk membangun nilai-nilai antikorupsi melalui "Team Building Keluarga Berintegritas".

Penekanan perilaku dan budaya antikorupsi yang disampaikan dengan pelibatan dan partisipasi aktif anggota masyarakat, dimulai dari lingkungan terdekat ASN yaitu keluarga.

Selain itu, materi yang disampaikan narasumber membawa poin keenam dari nilai inti ASN Berakhlak yaitu Adaptif, agar ASN Kepulauan Seribu dapat membawa semangat transformasi pelayanan publik yang cepat menyesuaikan diri menghadapi perubahan, terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas, serta bertindak proaktif.

ASN diharuskan menjadikan nilai Adaptif sebagai dasar untuk menghadapi tantangan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat terutama dalam menghadapi era disrupsi teknologi. Sehingga komitmen dan kapasitas ASN dalam beradaptasi dapat memberikan dampak positif dalam merespons perubahan.

Kegiatan serupa juga telah dilaksanakan Pemprov DKI di Jakarta Timur pada 26 Juni 2023, Jakarta Utara pada 27 Juni 2023 dan Jakarta Barat pada 5 Juli 2023.
Baca juga: Legislator minta oknum ASN peralat PPSU ikut pinjol dikenakan sanksi
Baca juga: Pengawasan inpektorat terhadap ASN DKI diminta ditingkatkan
Baca juga: Inspektorat dalami pemeriksaan ASN Kelapa Gading Barat berinisial MH


Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023