Batam (ANTARA) - Bank Indonesia (BI) Kepulauan Riau memperluas akses pasar UMKM melalui pameran produk unggulan.

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Kepri Suryono mengatakan pameran produk unggulan tersebut merupakan sinergitas antara BI Kepri yang berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Kepri dan PT Angkasa Pura I| (Persero) Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang.

Pameran tersebut juga bertujuan untuk menghasilkan dampak nyata dalam mendukung pertumbuhan ekonomi Kepri yang berkelanjutan.

Kegiatan yang diselenggarakan selama satu bulan tersebut bertempat di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta yang merupakan pintu gerbang moda transportasi udara bagi wisatawan domestik dan mancanegara," kata Suryono dalam keterangannya yang diterima di Batam, Senin.

Oleh karena itu, penyelenggaraan promosi dan pameran diharapkan dapat menjadi ajang untuk memperkenalkan produk unggulan UMKM Kepri yang telah lolos kurasi ke pasar domestik maupun luar negeri.

Adapun produk unggulan yang dipasarkan di antaranya kuliner, fesyen, wastra dan kriya yang berasal dari tujuh kabupaten/kota se-Kepri.

Tercatat sejumlah 110 pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) atau UMKM turut berperan dalam kegiatan promosi dan pameran produk unggulan UMKM dengan lebih dari 150 produk yang dipasarkan.

"Sampai dengan tanggal 16 Juni 2023, angka penjualan produk unggulan UMKM Kepri telah mencapai Rp87.702.000, dengan total pengunjung sejumlah 451 orang," ujar dia.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kepri Dewi Kumalasari menyampaikan apresiasi atas kerja sama dan kolaborasi antar instansi dalam mendukung penyelenggaraan kegiatan tersebut.

"Promosi dan pameran produk unggulan UMKM Kepri akan menjadi acuan untuk mengevaluasi serta menguji efektivitas strategi, program kerja, pembinaan, dan pendampingan yang dilakukan seluruh pihak dalam memajukan UMKM Kepri," ujar Dewi.

Selain memperkenalkan produk UMKM, kegiatan tersebut juga menjadi ajang untuk mempromosikan destinasi wisata unggulan serta pagelaran seni dan budaya Kepri.

Baca juga: BI Riau imbau UMKM tidak terbebani dengan QRIS

Baca juga: Kementerian Perdagangan siap dukung ekspor produk UMKM Riau


Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023